Analisis Resepsi Khalayak Program Salah Sambung Gen FM Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Afifah Nur (2019) Analisis Resepsi Khalayak Program Salah Sambung Gen FM Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifah Nur Farida_B76215035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, karena radio sering kali menjadi wadah hiburan utamanya di khalayak dalam menginterpretasikan sesuatu, khalayak dalam memaknai pesan yang dibawa oleh radio tersebut. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai Bagaimana pemahaman dan pemaknaan khalayak mengenai program “salah sambung” di Radio Gen FM Surabaya. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan mengenai pemahaman dan pemaknaan masyarakat terhadap program “salah sambung” di radio Gen FM surabaya. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interaktif. Kemudian data dianalisis secara kritis dengan teori Encoding dan Decoding, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang analisis resepsi tersebut. Dari hasil penelitian, pemahaman khalayak mengenai program salah sambung di Radio Gen FM Surabaya adalah sebagai program hiburan khalayak, serta pemaknaan khalayak mengenai program salah sambung diRadio Gen FM Surabaya adalah sebagai pusat program humor atau (prank). Pemahaman dan pemaknaan pendengar dimulai dari adanya ketertarikan untuk mendengar dengan pengaruh pada tayangan konten yang menganggap program sebagai informasi, pengubah pola pikir dan sedikit drama yang menimbulkan perasaan takut serta pemaknaan khalayak tentang salah sambung adalah sebagai pengalihan cerita atau agenda settingan dengan media dengan maksud menggoda pendengar agar masuk dalam alur atau penarikan. Dalam penelitian ini, diharapkan tepat pada sasaran, dalam artian dapat masuk atau menerima dimasyarakat khususnya pendengar radio. Untuk audien diharapkan dapat mencerma berbagai konten program yang disajikan dengan bijak sehingga tidak mudah terpengaruhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Afifah Nurafifahfifa.97@gmail.comB76215035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, MuchlisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Telekomunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Farida Afifah Nur
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:36
Last Modified: 20 Aug 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item