Analisis hukum Islam terhadap penggunaan biaya pendaftaran lomba CASEO di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Hoirul (2019) Analisis hukum Islam terhadap penggunaan biaya pendaftaran lomba CASEO di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotul Ilmah_D06207011.pdf

Download (915kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Penggunaan Biaya Pendaftaran Lomba Caseo di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya adalah hasil penelitian yang difokuskan pada permasalahan mengenai penggunan biaya pendaftaran lomba yang digunakan sebagai hadiah bagi peserta yang menang. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif, yaitu suatu pengumpulan data yang dilakukan dengan turun langsung ke lapangan dan dengan memandang kualitas datanya. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan oleh penulis dengan menggunakan teori musabaqah dan jualah untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perlombaan Caseo yang diadakan oleh Hima prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya bahwa lomba tersebut merupakan lomba karya tulis ilmiah yang mana setiap pesertanya diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran yang mana biaya pendaftaran itu untuk kebutuhan peserta dan sebagian untuk hadiah. Sedangkan menurut Islam yaitu masuk dalam kategori musa@baqah yang diperbolehkan menggunakan biaya pendaftaran untuk dijadikan hadiah, akan tetapi dalam akadnya menggunakan akad jua@lah yang mana tidak diperbolehkan menggunakan biaya pendaftaran tersebut. Perlombaan Caseo yang diadakan oleh Hima Prodi Ekonomi Syariah seharusnya bila memang ada penarikan biaya pendaftaran lomba lebih baik hanya digunakan untuk kebutuhan peserta lomba karena jika biaya pendaftaran lomba digunakan sebagai hadiah, maka hal tersebut yang menyerupai praktik maysir (perjudian) oleh karena itu panitia dalam mengadakan lomba seharusnya memisahkan antara dana yang dari peserta dan dana yang dari sponsor, agar diketahui dana yang digunakan untuk lomba dan dana yang digunakan untuk hadiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Hoirulkhoirul.lexa@gmail.comC02215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJaelani, Imam AmrusiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Penggunaan biaya pendaftaran; lomba CASEO
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anwar Hoirul
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:15
Last Modified: 20 Aug 2019 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35324

Actions (login required)

View Item View Item