Kajian karakteristik kualitas perairan dan sedimen pada ekosistem Mangrove di Wilayah Reklamasi Pulau Lumpur Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakaria, Lazuardi Indra (2019) Kajian karakteristik kualitas perairan dan sedimen pada ekosistem Mangrove di Wilayah Reklamasi Pulau Lumpur Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lazuardi Indra Zakaria_H04215004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pulau Lumpur Sidoarjo (Pulau LuSi) terletak di tenggara Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Pulau yang memiliki luas sekitar 94 Ha ini terbentuk dari endapan lumpur yang berasal dari semburan lumpur panas Lapindo. Pulau yang terbentuk dari hasil sedimentasi lumpur tersebut kemudian dicoba untuk ditanam mangrove dan hasilnya mangrove dapat tumbuh dengan baik di pulau endapan Lumpur Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas perairan dan sedimen di ekosistem mangrove, Pulau Lumpur Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan data untuk Kualitas perairan dan sedimen menggunakan data primer atau mengambil di lokasi penelitian. Hasil Kondisi Kualitas perairan pada Pulau Lumpur Sidoarjo menunjukkan nilai salinitas dibawah baku mutu yaitu pada sampel 1 pada setiap pengambilan memiliki nilai salinitas rata-rata 2.5. Pada pengambilan kedua memiliki nilai rata-rata 6.67 dan pada pengambilan ketiga memiliki nilai rata-rata 13.67. Nilai suhu pada Kualitas perairan memiliki nilai berkisar 26o – 29o. Nilai pH pada perairan Pulau Lumpur Sidoarjo memiliki nilai antara 6-7. Pasang surut pada perairan Pulau Lumpur Sidoarjo memiliki tipe pasang surut campuran dominan ganda atau condong semi diurnal dengan nilai formzhal 0.4847. Sedimen pada Pulau Lumpur Sidoarjo didominasi oleh tipe sedimen sangat halus, pasir halus, dan pasir sedang. Bahan Organik Total yang terkandung pada sedimen dengan pengambilan pertama bulan April berkisar 9.2% hingga 27.8%, pengambilan kedua pada bulan Mei memiliki nilai berkisar 9.2% hingga 15.8% dan pada pengambilan ketiga pada bulan Juni memiliki nilai berkisar 5% hingga 16%. Bahan organik yang terkandung dalam sedimen di Pulau Lumpur Sidoarjo dapat meliputi tiga bahan yaitu C-Organik, Nitrogen, dan Fosfor. Bahan Organik Total yang terkandung dalam sedimen mendukung kondisi kerapatan mangrove yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakaria, Lazuardi Indraardi.lazud@gmail.comH04215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, AsriUNSPECIFIED198706262014032003
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi AbdiUNSPECIFIED198809262014032002
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Kualitas perairan; Klasifikasi sedimen; Bahan Organik; Pulau Lumpur Sidoarjo
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Zakaria Lazuardi Indra
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:58
Last Modified: 20 Aug 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35325

Actions (login required)

View Item View Item