Analisis Maslahat terhadap Hak Anak yang Tidak Diketahui Asal-Usulnya menurut Pasal 27 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodiansyah, M. Izzat (2019) Analisis Maslahat terhadap Hak Anak yang Tidak Diketahui Asal-Usulnya menurut Pasal 27 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Izzat Rodiansyah_C91215063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Maṣlaḥat terhadap hak anak yang tidak diketahui asal-usulnya menurut Pasal 27 Ayat 4 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak”. Ini merupakan hasil penelitian Pustaka guna menjawab pertanyaan; 1. Bagaimana konsep pasal 27 ayat 4 UU No. 35 Tahun 2014 tentang pebuatan akta kelahiran anak yang proses kelahiranya tidak diketahui? 2. Bagaimana analisis Maṣlaḥat terhadap ayat 4 pasal 27 UU No. 35 Tahun 2014 tentang akta kelahiran anak yang proses kelahiranya tidak diketahui? Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka, kajian teks ( text reading ) , dan wawancara kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif, skripsi ini merupakan penelitian analisis Maṣlaḥat dengan pendekatan Undang-Undang dan dihubungkan dengan Peraturan terkait, dalam hal ini mencari tahu Maṣlaḥat ayat 4 pasal 27 Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan yang lebih terfokus kepada pembuatan akta kelahiran anak yang proses kelahiranya tidak diketahui. Didalam skripsi ini memuat dua hasil penelitian. Pertama, pembuatan akta kelahiran anak yang proses kelahiranya tidak diketahui, terdapat dalam UU No 35 Tahun 2014 pasal 27 ayat 4. Anak yang tidak diketahui keberadaan orangtuannya bisa mendapatkan akta kelahiran apabila sudah melengkapi berkas-berkas yang diperlukan dan didaftarkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kedua, banyak Maṣlaḥat yang didapatkan anak tersebut seperti mendapatkan status hukum yang jelas, alat bukti di pengadilan dan di muka hakim, dan memberikan kepastian tentang peristiwa itu sendiri. Adapun kemudharatanya yaitu tidak terpenuhinya hak-haknya sebagai seorang anak. Dalam berkeluarga penting orangtua untuk segera membuatkan akta kelahiran anaknya, anak yang tidak diketahui keberadaan orangtuanya tentu juga penting untuk di buatkan akta kelahiran sebagai kejelasan dan melindungi anak tersebut di mata hukum. Serta perlu DISPENDUK Surabaya untuk mengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Meskipun DISPENDUK Surabaya sudah baik dan sudah mempermudah pembuatan akta kelahiran anak di kelurahan atau dikecamatan yang bersangkutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodiansyah, M. Izzatrodiansyahhizzat69@gmail.comC91215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwitho, Suwithosuwitodsi@gmailcom197007271994031001
Subjects: Anak
Hukum Islam
Keywords: Maslahat; Hak Anak; Perlindungan Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rodiansyah M. Izzat
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:37
Last Modified: 20 Aug 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35333

Actions (login required)

View Item View Item