Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral Perspektif Mohammad Daud Ali serta Relevansinya dengan Problematika Pendidikan Saat Ini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imam, Muslim (2019) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral Perspektif Mohammad Daud Ali serta Relevansinya dengan Problematika Pendidikan Saat Ini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Muslim_D91215098 - .pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana konsep tetang nilai-nilai pendidikan Islam persepektif Muhammad Daud Ali (2) Apasajakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral? (3) Bagaimanakah Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sang Pencerah dengan Problematika Pendidikan Saat Ini? Nilai-nilai pendidikan Islam persepektif Muhammad Daud Ali adalah salah satu tokoh cendekiawan Islam modern di Indonesia. Nilai pendidikan perspektif beliau dimaksudkan agar lebih mudah dalam memahami nilai-nilai pendidikan Islam, yang selanjutnya bisa mengaplikaskannya secara konsisten dalam kehidupan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkaji kisah-kisah tokoh Islam. K.H Ahmad Dahlan adalah salau tokoh Islam yang masyhur di Indonesia, belaiu adalah pendiri organisasi keIslaman di Indonesia yang diberi nama Muhammadiyah. Kisahnya dalam mendirikan organisasi Muhammadiyah penuh dengan lika-liku yang cukup terjal hingga akhirnya beliau mampu mendirikannya. Bahkan kisah beliau banyak di jadikan film dan karya sastra. Oleh karena itu peneliti akan membahas nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya satra novel Sang Pencerah sebagai novelisasi kehidupan K.H Ahmad Dahlan karya Akmal Nasery Basral dengan perspektif Mohammad Daud Ali. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah). Adapun sumber datanya diambil dari data primer yaitu novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan data sekunder buku Pendidikan Agama Islam karya Muhammad Daud Ali serta berbagai buku pendukung lainnya. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral antara lain: Nilai aqidah meliputi percaya pada ketetapan Allah, senantiasa bershalawat pada nabi, percaya akan hari pembalasan. Nilai akhlak meliputi saling menghormati, tawadhu’, sodaqoh, jujur, birrul walidain, ikhlas, tabayun, sabar, tolong menolong. Dan nilai syariah, yang dapat penulis temukan dan analisis antara lain adalah tholabul ilmi, thaharah, shalat, sikap dalam do’a, shalat jenazah, pernikahan, adat istiadat, hukum penggunaan hal baru.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam, K.H Ahmad Dahlan, Darwis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imam, Muslimimammuslim1005@gmail.comD91215098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhammad, MustofaUNSPECIFIED1957021211986031004
Thesis advisorFa’uti, SubhanUNSPECIFIED195410101983122001
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan > Minat Baca
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, K.H Ahmad Dahlan, Darwis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muslim Imam
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:47
Last Modified: 19 Aug 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35348

Actions (login required)

View Item View Item