Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Self Regulated Learning pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Binti Ja'par, Nurul Nabilah (2019) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Self Regulated Learning pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Nabilah binti Ja'par_B43215130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Kecerdasan Spiritualterhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya”. Secara teori setiap manusia memiliki kecerdasan spiritual yang merupakan kompetensi intrinsik bawaan sejak lahir, yang mana kecerdasan spiritual tersebut dapet mmebangkitkan jiwa untuk melakukan tindakan yang positif. Namun kenyataannya banyak mahasiswa yang melakukan segala cara agar mendapatkan nilai bagus seperti mencontek dan plagiasi, hal ini disebabkan karena mahasiswa belum memiliki self regulated learning yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris tentang Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis secara korelasi regresi linear sederhana. Dua variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan spiritual dan self regulatedlearning. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2014, 2053, dan 2016 yang berjumlah 857. Sampel penelitian sebanyak 86 responden yang diambil secara probability sampling ini menggunakan teknik simple random sampling atau sampel acak. Pengumpulan datanya menggunakanskala dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data dibantu dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows. Hasil analisis data mengenai pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menunjukkan koefisien pengaruh Fhitung 32,718 dengan taraf signifikansi 0,000. Oleh karena itu nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya”. Maka dapat diambil pemahaman bahwa mahasiswa yang mempunyai kecerdasan spiritual yang tinggi akan mempunyai pengaturan diri dalam belajar atau selfregulated learning yang baik. Serta dihasilkan dalam analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280, menyatakan bahwa kecerdasan spiritual memberikan pengaruh atau sumbangan terhadap self regulated learning sebesar 28%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Binti Ja'par, Nurul Nabilahnurulnabilah831@gmail.comB43215130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, AgusUNSPECIFIED197008251998031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Kecerdasan Spiritual; Self Regulated Learning; mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ja'par Nurul Nabilah Binti
Date Deposited: 21 Aug 2019 05:16
Last Modified: 21 Aug 2019 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35356

Actions (login required)

View Item View Item