Makna Lafad Al-Burhān Dalam Al-Quran Perspektif Mufassir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salimi, Maslah (2019) Makna Lafad Al-Burhān Dalam Al-Quran Perspektif Mufassir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maslah Salimi_E03212060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penafsiran al-Qur’an dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi manusia atas maksud Tuhan yang terkandung didalamnya. Seperti halnya hasil penafisran yang dilakukan oleh Quraish Shihab dan Ibnu Katsir terhapad surat-surat yang di dalam nya terkandung lafat Al-Burhān.Permasalahan yang muncul didalamnya adalah bagaimanakah penafsiran Quraish Shihab dan Ibnu Katsir terhadap Al-Qur’an, Surat-Surat yang di dalam nya terdapat lafat Al-Burhān dan bagaimanakah penafsiran dari para mufasir lainnya untuk mengetahui terhadap makna ayat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Quraish Shihab dan Ibnu Katsir terhadap makna al-burhān dalam Al-Quran, disamping itu juga bertujuan untuk mengetahui letak perbedaan dan persamaan penafsiran diantara keduanya, di harapkan dapat memberikan pemahaman yang dapat di jadikan sebagai rujukan dan menjawab permasalahan yang ada. Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Library research, sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode Tematik (Maudhu’i) yakni penjelas ayat-ayat al-Quran yang mengenai judul/topik/sektor pembicara tertentu khususnya penafsiran Quraish Shihab dan Ibnu Katsir. Hasil dari penelitian ini membataskan pada maksud dari ayat yang menyinggung tentang makna al-Burhān dalam perspektif mufassir dalam tafisr al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan tafsir Ibnu Katsir kaya Ibnu katsir. Secara khusus Keduanya sama sama memaknai makna al-Burhān sebagai Bukti dari Allah untuk menunjukkan suatu kebenaran yang di turunkan kepada hamba-hamba nya yang terpilih, dan untuk membantah bagi orang-orang yang tidak mempercai-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salimi, Maslahmaslahsalimi@gmail.comE03212060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com198506102015031006
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Agama
Al Qur'an
Keywords: Makna Lafal Al-Burhan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Salimi Maslah
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:25
Last Modified: 19 Aug 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35359

Actions (login required)

View Item View Item