Entrepreneurship Santri (Studi Kasus Integrasi Pendidikan Kitab Kuning dan Entrepreneurship di Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amirullah, M. Ubaidillah (2019) Entrepreneurship Santri (Studi Kasus Integrasi Pendidikan Kitab Kuning dan Entrepreneurship di Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Ubaidillah F52917015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pemberdayaan sumber daya santri melalui entrepreneurship di pondok pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto dan integrasi antara pengajaran kitab kuning dan pengajaran entrepreneurship. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) degan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di pondok pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara formal dan informal, dan dokumentasi, Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Untuk menganalisis data menggunakan analisis data interaktif, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program pendidikan di Pesantren Riyadhul Jannah dijalankan dengan metode salaf berupa sorogan, weton dan sardan materi yang dikaji adalah kitab-kitab salafi dari beberapa sumber kitab kuning. (2) Metode integrasi kemampuan entrepreneuership dan kemampuan mempelajari kitab kuning di Pesantren Riyadhul Jannah diwujudkan melalui kajian dan membekali santri dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mampu mengembangkan seluruh dimensi keragam santri, baik itu bidang kinestetik, linguistic verbal, bidang intellectual quotient (IQ), bidang seni-budaya, dan bidang skill motorik. (3) Hasil metode pembelajaran entrepreneuership dan kitab kuning di pesantren Riyadhul Jannah pada alumni yang sudah menyelesaikan pendidikannya dapa terlihat dari para alumni yang sudah berhasil di masyarakat. Dalam praktik nyata pada pendidikan di pesantren Riyadhul Jannah, pesantren memiliki program khusus untuk mempersiapkan para santri mencapai kebahagiaan di dunia melalui pekerjaan yang layak di dunia melalui entrepreneurship atau wirausaha.
Kata kunci : entrepreneurship, pesantren, integrasi, peran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amirullah, M. Ubaidillahubed33@gmail.comF52917015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasid, JunaidyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pesantren
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Ubaidillah M.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:34
Last Modified: 19 Aug 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item View Item