Upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui edukasi eko wisata di Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutholibin, Ahmad Irvan (2019) Upaya peningkatan kapasitas pemuda melalui edukasi eko wisata di Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Irvan Mutholibin_B92215043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Upaya Peningkatan Kapasitas Pemuda Melalui Edukasi Eko Wisata di Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Skripsi ini menggunakan metode pendekatan Aset Based Community development (ABCD), pendekatan ini mengutamakan aset pada masyarakat, konsep pembberdayaan ini melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya. Lokasi pendampingan ini berada di Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. data pada pendampingan ini didapatkan dari Observasi, FGD, dan wawancara. Pendampingan ini memfokuskan pada aset alam yaitu Air Terjun Pesanggrahan dan Sendang Mejiret dan keterampilan pemuda dalam pengelolaan menjadi tempat wisata. Desa ini memiliki aset alam yang sangat beragam salah satunya aset alam yang berupa Air Terjun Pesanggrahan dan sendang mejiret, aset ini bisa dikelola menjadi tempat wisata. selain itu, pemuda di Desa ini sangat banyak dan tentunya memiliki aset individu antara lain, hati, kepala dan tagan. Lewat aset individu Kelompok pemuda di Desa kedungjambe memiliki inovasi serta antusias untuk mengelola aset sumber daya alam untuk dijadikan tempat wisata, aset tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat desa Kedungjambe, mencoba untuk menguatkan kapasitas pemuda melalui edukasi eko wisata, tujuan dari pendampinga ini untuk menghubungkan antara aset dan harapan yang diinginkan oleh kelompok pemuda. Analisis keberhasilan program terdapat kelompok pemuda yang fokus dalam pengelolaan aset sumber daya alam, pengetahuan pemuda dalam pegelolaan aset, inovasi dalam pengelolaan aset untuk kedepanya serta terdapat tempat sampah guna menjaga kelestarian alam sekitar dan sadarnya pemuda dalam pentingnya pengelolaan aset yang dimilikinya tentunya dapat menunjang perekonomian keluar di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutholibin, Ahmad Irvanahmadirfanmutholibin@gmail.comB92215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. MujibUNSPECIFIED195902071989031001
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Kapasitas Pemuda; Eko Wisata.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutholibin Ahmad Irvan
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:56
Last Modified: 19 Aug 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item View Item