Analisis Maqasid Al Shari’ah terhadap Nikah Siri setelah Peminangan di Bani Yasin Kelurahan Mlajah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Barky, Ilham Maulana (2019) Analisis Maqasid Al Shari’ah terhadap Nikah Siri setelah Peminangan di Bani Yasin Kelurahan Mlajah Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ilham Maulana Al Barky_C91215055.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan judul “Analisis Maqasid Al-Shari’ah Terhadap Nikah Siri Setelah Peminangan Di Bani Yasin Kelurahan Mlajah Bangkalan”. Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research), yang bertujuan untuk menjawab permasalahan nikah siri yang dilakukan di Bani Yasin Kelurahan Mlajah Bangkalan. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan yang menggunakan Teknik wawancara/interview dan observasi. Wawancara yang dipakai adalah wawancara yang hanya memuat pokok-pokok masalah yang ditujukan kepada Bani Yasin. Data hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil data dari penelitian ini diketahui bahwa setiap orang tua berkewajiban untuk menjaga keluarga keturunannya. Nikah siri yang dilakukan oleh Bani Yasin bertujuan sebagai bentuk kehati-hatian keluarga dalam menjaga keluarga selama menjadi pinangan orang lain, dan berlangsung turun-temurun hingga saat ini. Nikah siri disini dilakukan setelah proses peminangan dengan pernikahan yang sesuai syarat dan rukun nikah dalam Islam. Dalam perspektif Maqasid Al-Shari’ah dasar yang dijadikan pijakan dalam menentukan hukum dengan menggunakan maqasid dlaruriyyah yang meliputi pemeliharaan terhadap agama (hifz al-din), pemeliharaan jiwa (hifz an-nafs), pemeliharaan akal (hifz al-‘aql), pemeliharaan terhadap keturunan (hifz nasab) dam pemeliharaan harta (hifz al-mal). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adat yang dilakukan di Bani Yasin Kelurahan Mlajah mengandung maslahah, karena dilakukan atas unsur kehati-hatian keluarga dalam menjaga keturunannya selama menjadi pinangan orang lain. Oleh sebab itu, disarankan kepada Bani Yasin Kelurahan Mlajah bahwa untuk lebih arif bijaksana dalam melakukan adat tersebut untuk tetap menjaga keturunanya dan keluarga. Bimbingan dari sesepuh Bani sangat diperlukan agar tujuan dari adanya nikah siri tersebut tidak disalahgunakan oleh kuturunan Bani Yasin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Barky, Ilham Maulanailhammaulanaalbarky@gmail.comC91215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, DarmawanUNSPECIFIED198004102005011004
Subjects: Hukum Islam
Nikah > Nikah Sirri
Keywords: Maqasid Al Shari’ah; Nikah Siri; meminang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Al Barky Ilham Maulana
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:20
Last Modified: 19 Aug 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35384

Actions (login required)

View Item View Item