Penilaian Tingkat Kerentanan dan Ancaman Vegetasi Mangrove di Desa Curah Dringu Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzakki, Muhammad Habib (2019) Penilaian Tingkat Kerentanan dan Ancaman Vegetasi Mangrove di Desa Curah Dringu Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Habib Muzakki_H74215017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rehabilitasi vegetasi mangrove perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pantai yang diakibatkan oleh pasang surut dan ancaman gelombang. Pesisir Desa Curahderingu Kabupaten Probolinggo digunakan sebagai lokasi rehabilitasi mangrove seluas 6,84 hektar. Ada beberapa lokasi yang digunakan untuk reabilitasi vegetasi mangrove yaitu di Desa Curah Dringu dan Desa Dungun. Pertumbuan vegetasi mangrove khususnya di daerah pantai sangat rentan dipengaruhi oleh faktor oseanografi seperti pasang surut, salinitas serta jenis sedimen serta ancaman gelombang ekstrim, sehingga perlu dilakukannya analisis mengenai kerentanan dan ancaman pada vegetasi mangrove berdasarkan parameter oseanografi dan faktor fisika perairan. Metode penelitian menggunakan analisis CVI (Coastal Vulnarability Index) untuk menilai tingkat kerentanan dan peraturan KA BNPN No 2 Tahun 2012 untuk menilai tingkat ancaman yang ada di pesisir Desa Curah Dringu Kabupaten Probolinggo. Hasil penilaian kerentanan vegetasi mangrove berdasarkan parameter oseanografi (pasang surut, tinggi pasang surut, salinitas dan substrat) yaitu 2.12. Nilai tersebut menunjukkan tingkat kerentanan vegetasi mangrove di Desa Curah Dringu dikategorikan kerentanan sedang. Tingkat ancaman gelombang ekstrim yang dapat berpengaruh terhadap vegetasi mangrove (tinggi gelombang, kecepatan arus, karang pengHalang dan bentuk garis pantai ) didapatkan nilai 1,3. Nilai tersebut dapat dikategorikan sangat tidak terancam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzakki, Muhammad Habibhabibzaky21@gmail.comH74215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, NovermaUNSPECIFIED198111182014032002
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi AbdiUNSPECIFIED19880926201403202
Subjects: Ilmu Kelautan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muzakki Muhammad Habib
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:47
Last Modified: 20 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35405

Actions (login required)

View Item View Item