Peran Yayasan Gemilang Indonesia Jakarta dalam pengembangan pendidikan anak pemulung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohimah, Ilma Nur (2019) Peran Yayasan Gemilang Indonesia Jakarta dalam pengembangan pendidikan anak pemulung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilma Nur Rohimah_F52917010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keresahan akan banyaknya anak di bawah umur yang tidak layak kerja harus putus sekolah dan ikut bekerja. Kemiskinan dan minimnya kesadaran menjadi faktor utama putus sekolah. Pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan di Indonesia masih belum sepenuhnya dapat memberikan pendidikan gratis pada mereka. Subjek dari penelitian ini adalah Yayasan Gemilang Indonesia dan objeknya adalah program Yayasan Gemilang Indonesia yang dapat menjadi prototype masyarakat dalam mengadakan unit pendidikan bagi kaum marginal. Tujuan dari penelitian ini yakni: mengeksplorasi profil Yayasan Gemilang Indonesia, mengeksplorasi program Yayasan Gemilang Indonesia dalam pengembangan pendidikan anak pemulung, dan menganalisa peran Yayasan Gemilang Indonesia dalam pengembangan pendidikan anak pemulung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dianalisa secara deskriptif menggunakan teori Interaksionisme Simbolik milik George Herbert Mead. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumen terkait program Yayasan Gemilang Indonesia berupa laporan organisasi dan dokumen pribadi serta materi audio-visual seperti foto dan video. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Gemilang Indonesia adalah lembaga sosial masyarakat yang memfokuskan diri pada bidang pendidikan untuk anak-anak dhuafa, yatim dan marjinal. Yayasan Gemilang Indonesia menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan semiformal dan pendidikan alternatif gratis untuk mereka melalui berbagai program pendanaan secara swadaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohimah, Ilma Nurilmanurrohimah@gmail.comF52917010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kemiskinan
Pendidikan > Anak
Keywords: Pendidikan; Kaum Marjinal; Pemulung; Interaksionisme Simbolik
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Rohimah Ilma Nur
Date Deposited: 21 Aug 2019 06:55
Last Modified: 21 Aug 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item