Analisis maslahah mursalah terhadap tradisi calon pengantin wanita duduk bersanding dengan calon pengantin pria pada saat Ijab Kabul di Balai Kantor Urusan Agama (KUA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufattihin, Muhamad Naufal (2018) Analisis maslahah mursalah terhadap tradisi calon pengantin wanita duduk bersanding dengan calon pengantin pria pada saat Ijab Kabul di Balai Kantor Urusan Agama (KUA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Naufal Mufattihin_C91215144.pdf

Download (971kB)

Abstract

skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan pada 3 lokasi KUA di Surabaya yakni KUA Kecamatan Wonocolo,Wonokromo dan Gayungan dengan mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan hasil dokumentasi. Selanjutnya Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis oleh peneliti dengan analisis mas{lah{ah mursalah untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan akad nikah yang terjadi di balai kantor urusan agama (KUA) berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 yang mewajibkan kehadiran kedua calon pengantin di balai KUA sangatlah diperlukan, karena harus dilakukan pengambilan gambar kedua calon pengantin untuk membuktikan bahwa memang telah menikah di KUA, disamping itu juga dapat memudahkan dalam hal pencatatan perkawinan oleh sebab itu telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh mas{lah{ah mu>rsalah dan termasuk kategori mas{lah{ah tahsiniyah jika dilihat dari segi kebutuhan, dan termasuk kategori mas{lah{ah khashah jika dilihat dari cakupannya untuk melawan kemadharatan didalamnya. Sejalan dengan kesimpulan diatas disarankan kepada Kepala KUA agar memberikan himbauan aturan berpakaian dan juga memberi batasan bagi kedua calon pengantin agar tidak duduk bersandingan pada saat ijab Kabul dengan maksud untuk menjaga kehati-hatian agar tidak sampai menimbulkan fitnah sehingga tidak mengurangi kesakralan pernikahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufattihin, Muhamad NaufalNaufalmuhammad645@yahoo.co.idC91215144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, MuwahidUNSPECIFIED197803102005011004
Subjects: Nikah > Nikah - Ijab Kabul
Keywords: Calon Pengantin
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mufattihin Muhammad Naufal
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:55
Last Modified: 20 Aug 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35415

Actions (login required)

View Item View Item