Pengantar Studi Islam: Buku Ajar Program S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafaq, Hammis and Nadhifah, Nurul Asiya and Zamzami, Mukhammad and Sanuri, Sanuri (2018) Pengantar Studi Islam: Buku Ajar Program S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Pres, Surabaya. ISBN 978-602-9239-20-1

[img] Text
Buku - Pengantar Studi Islam.pdf

Download (996kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35436

Abstract

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt. Berkat karunia-Nya, buku ajar Pengantar Studi Islam ini bisa hadir sebagai buku panduan perkuliahan mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Buku perkuliahan ini disusun sebagai salah satu sarana pembelajaran pada mata kuliah Pengantar Studi Islam. Secara rinci buku ini memuat beberapa paket penting meliputi; 1) Studi Islam dan Problematikanya, 2) Sejarah Perjalanan Islam Dari Masa Ke Masa, 3) Akidah, 4) Syari’ah, 5) Akhlaq, 6) al- Qur’an dan Metode Memahaminya, 7) Hadits Dan Metode Memahaminya, 8) Ijtihad dan Metodenya, 9) Model Studi Al- Qur’an Kontemporer, 10) Model Studi Hadits Kontemporer, 11) Model Studi Hukum Islam Kontemporer, 12) Islam dan Tantangan Modernitas, 13) Aliran Islam Modern, 14) Jihad, Amar Makruf, dan Nahi Munkar dalam Islam. Buku ini sangat penting bagi pengkaji Islam di Perguruan Tinggi untuk membuka wawasan mahasiswa tentang dunia Islam secara luas. Karena untuk konsumsi mahasiswa, maka buku ini mengajak untuk berdialog secara terbuka tentang keislaman. Untuk membaca buku ini harus membuka diri sebagai akademisi, bukan sebagai teolog. Maka buku ini sangat baik untuk dibaca oleh pemerhati Islam, tidak saja mahasiswa, tetapi juga mereka yang memiliki kecenderungan untuk memahami Islam secara luas dan terbuka. Buku ini memuat teori, dan pendekatan dalam studi Islam yang layak dibaca atau dikaji oleh para pengkaji keislaman. Buku ini ditulis berdasarkan pada hasil bacaan dari beberapa buku tentang kajian Islam, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya. Akhirnya, penulis ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut membantu dan berpartisipasi demi tersusunnya buku ajar Pengantar Studi Islam ini. Kritik dan saran kami tunggu guna penyempurnaan buku ini. Terima Kasih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.comUNSPECIFIED
Nadhifah, Nurul Asiyanurulasiya@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Zamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.comUNSPECIFIED
Sanuri, Sanurisuns_76@yahoo.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hukum Islam; Pedoman Islam; Sejarah Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:39
Last Modified: 21 Aug 2019 05:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35436

Actions (login required)

View Item View Item