Dakwah Sufistik: studi Fenomenologi atas Dakwah KH Mukhlason

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashrulloh, Moch. (2019) Dakwah Sufistik: studi Fenomenologi atas Dakwah KH Mukhlason. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Nashrulloh_F02717225.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji tentang permasalahan yang dirumuskan masalahnya tentang 1). Konsep dakwah sufistik KH Mukhlason; 2). Proses sufistik KH Mukhlason; 3). Makna dakwah sufistik KH Mukhlason. Dalam penelitian ini, digunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap informan. Berdasarkan penelitian ini, bisa diketahui bahwa konsep dakwah sufistik mengkaji tentang ketauhidan. Audien diarahkan untuk melaksanakan tindakan sufistik, yaitu ilmu, amal (laku), dan istiqamah. Ketiga hal ini merupakan pondasi dasar untuk bisa sampai ke ranah batiniah (Allah), yaitu hati bisa sampai liqa’ (bertemu) kepada Allah, yang menyebabkan hati menjadi tenang. Adapun proses sufistik yang dilakukan, yaitu washilun dan majdubun. Proses washilun merupakan proses yang dilakukan sedikit demi sedikit dengan tetap berada di jalur syariat, sehingga tidak bertentangan dengan hukum syariat. Sedangkan proses majdubun merupakan proses yang dilakukan dengan cara yang ekstrim, terjun dari atas ke bawah, atau yang biasa disebut wahdatul wujud. Konsep dan proses dakwah sufistik tersebut dilaksanakan guna membenahi pola kehidupan umat Islam yang mayoritas terlalu disibukkan dengan urusan dunia, sehingga melupakan urusan akherat. Dengan penerapan dakwah sufistik ini, diharapkan umat Islam menjadi damai, hidup tentram tanpa ada tindakan-tindakan yang merugikan orang lain. Penelitian ini bisa dijadikan referensi tambahan bagi rekondisi peneliti selanjutnya, dengan penelitian lebih mendalam tentang konstruksi dakwah bukan hanya persoalan yang bersifat syariat belaka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashrulloh, Moch.nazrul.arief@gmail.comF02717225
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, LilikUNSPECIFIED197312171998032002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nashrulloh Moch.
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:25
Last Modified: 21 Aug 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35455

Actions (login required)

View Item View Item