Hubungan antara dukungan sosial dengan Organization Based Self Esteem Pada Generasi Y

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Deriyanto, Edwin Fathur (2019) Hubungan antara dukungan sosial dengan Organization Based Self Esteem Pada Generasi Y. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edwin Fathur Deriyanto_J71215105.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial dengan organization based self esteem pada generasi Y. Organization based self esteem memliki tiga faktor yaitu salah satunya adalah dukungan sosial. Organization based self esteem sebagai variabel terikat (dependent) dan dukungan sosial adalah variabel bebas (independet). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data dua skala yakni skala dukungan sosial dan skala organization based self esteem. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang yang memiliki kriteria Generasi Y (yang memiliki rentang tahun lahir antara 1979 – 2000) yang aktif dan masih bekerja di kabupaten Sidoarjo, teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penellitian ini yaitu accidental sampling yang mana orang ketika bertemu dengan seseorang yang sesuai dengan kriteria subjek maka bisa langsung dijadikan sebagai subjek penelitian. Analisis data dalam penelitian menggunakan program Statistical Poduct and Service Solution (SPSS) for windows versi 16.00. Penelitian ini memiliki hipotes bahwa dukungan sosial memiliki hubungan signifikan terhadap organization based self esteem. Hasil penellitian menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan organization based self esteem pada generasi Y. Dan juga berarti bahwa Semakin tinggi dukungan sosial maka akan semakin tinggi pula organization based self esteem generasi Y yang bekerja di kabupaten Sidoarjo. Hal ini juga mendukung penelitian – penelitian sebelumnya yang sebagian besar berasal dari dunia internasional yang juga mempunyai hasil yang sama dengan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Deriyanto, Edwin Fathurefderiyanto@gmail.comJ71215105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, SuryaniUNSPECIFIED197708122005012004
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Kerja
Sumber Daya Manusia
Keywords: Dukungan Sosial; Organization Based Self Esteem; generasi Y.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Deriyanto Edwin Fathur
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:21
Last Modified: 22 Aug 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35456

Actions (login required)

View Item View Item