Konsep Perempuan persepektif Zaitunah Subhan: kritik terhadap pemikiran Zaitunah Subhan dalam buku Tafsir Kebencian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftahul (2019) Konsep Perempuan persepektif Zaitunah Subhan: kritik terhadap pemikiran Zaitunah Subhan dalam buku Tafsir Kebencian. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul jannah_F12517341.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketimpangan terhadap hak-hak perempuan masih menjadi isu yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di berbagai Negara, khususnya di Indonesia. Hal ini memicu terhadap ketidakadilan terhadap kaum perempuan di semua aspek kehidupan. Baik di dalam ranah domestik ataupun publik. Namun, dalam buku Tafsir Kebencian karya Zaitunah Subhan ini mencoba untuk menjelaskan konsep kesejajaran antara laki-laki dan perempuan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kedudukan perempuan menurut pemikiran Zaitunah Subhan dalam buku Tafsir Kebencian? 2) Bagaimana Hak-hak perempuan menurut Zaitunah Subhan dalam buku Tafsir Kebencian? Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui sekaligus mengkritik pemikiran Zaitunah Subhan terhadap kedudukan perempuan dan Hak-hak perempuan dalam bukunya, yaitu buku Tafsir Kebencian. Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dari sumber-sumber primer dan sekunder dengan menggunakan tehnik Content Analysis (analisis isi). Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah bahwa dalam pemikiran Zaitunah Subhan, beliau mencoba memberikan sebuah pandangan penafsiran tentang konsepnya dalam kesetaraan dalam persamaan antara laki-laki dan perempuan, dengan tujuan untuk menghilangkan bias gender yang selama ini terjadi di masyarakat. Kesetaraan menurutnya adalah laki-laki dan perempuan menjadi mitra yang sejajar yang harmonis. Saling menghormati dan menghargai terhadap peran masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, MiftahulUNSPECIFIEDF12517341
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, IffahUNSPECIFIED196907132000032001
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Konsep perempuan; Zaitunah Subhan; Tafsir Kebencian
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: jannah Miftah
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:48
Last Modified: 23 Aug 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35494

Actions (login required)

View Item View Item