Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar, Religiusitas Islam dan Performansi Akademik Anak Usia Sekolah Dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muluk, Muchamad Saiful (2019) Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar, Religiusitas Islam dan Performansi Akademik Anak Usia Sekolah Dasar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchamad Saiful Muluk_F52317090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan, pengaruh secara partial dan simultan, serta pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel pola asuh otoritatif orang tua, kemandirian belajar anak, religiusitas Islam dan performansi akademik anak. Penelitian ini dilakukan di SD Taquma Surabaya dengan metode kuantitatif dengan instrument utama berupa kuesioner yang didukung dengan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah (N = 58) siswa kelas V SD Taquma Surabaya. Data dianalisis dengan bantuan software Lisrel versi 8.80 (Student Edition). Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pola asuh otoritatif orang tua terhadap performansi akademik anak, kemandirian belajar terhadap religiusitas Islam dan performansi akademik anak serta religiusitas Islam terhadap performansi akademik anak. Tetapi variabel pola asuh otoritatif orang tua terhadap kemandirian belajar dan religiusitas Islam anak tidak memiliki pengaruh signifikan. (2) Secara partial terdapat pengaruh pola asuh otoritatif orang tua terhadap performansi akademik anak. Sementara secara simultan pola asuh otoritatif orang tua, kemandirian belajar anak dan religiusitas Islam anak berpengaruh signifikan terhadap performansi akademik anak sebesar 23%. (3) Pengaruh langsung variabel pola asuh otoritatif orang tua berkontribusi terhadap performansi akademik anak sebesar 5.4 %. Sedangkan pengaruh pola asuh otoritatif orang tua terhadap performansi akademik anak melalui kemandirian belajar anak berkontribusi sebesar 9.9 %, dan melalui religiusitas Islam sebesar 9.7 % serta melalui kemandirian belajar dan religiusitas Islam secara bersama-sama sebesar 5.8%. Interpretasi temuan penelitian menyatakan bahwa untuk meningkatkan performansi akademik anak diperlukan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan pola asuh otoritatifnya dalam membentuk kemandirian belajar anak dan religiusitas Islam anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muluk, Muchamad Saifulsaifulalmuluk@gmail.comF52317090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com197404242000031001
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Orang tua dan Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muluk Muchamad Saiful
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:41
Last Modified: 26 Aug 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35498

Actions (login required)

View Item View Item