This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rofiuddin, Muhammad (2019) Studi analisis nilai-nilai religi dan sosial cerita pendek dalam buku ajar Tematik Kelas IV, V dan VI Madrasah Ibtidaiyah dan relevansinya dengan tema pembelajaran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Rofiuddin_F02A17274.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemerintah dengan segala upaya berusaha untuk menggapai secara maksimal tujuan mulya penndidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional secara umum adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat , dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti tercantum dalam pasal 3 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Untuk merealisasikan tujuan tersebut pemerintah membuat kurikulum-kurukulum pendidikan dari tiap-tiap jenjang pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Dalam jenjang pendidikan dasar baik itu di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD), pada kurikulum 2013 pemerintah menerapkan pendidikan dengan pola pembelajaran tematik terpadu, yaitu dengan mengintegrasikan beberapa mata pelajaran umum kedalam satu tema, dengan tujuan agar pembelajaran tersebut menjadi bermakna atau meaningfull. Untuk merealisasikan pola pembelajaran tematik terpadu ini pemerintah telah mempersiapkan perangkat dan fasilitasnya, diantaranya adalah buku-buku tematik terpadu, baik itu buku pegangan bagi siswa (buku siswa) atau buku pegangan bagi guru (buku guru). Dalam buku-buku tematik terpadu tersebut pemerintah memang sengaja untuk memasukkan nilai-nilai atau karakter kedalam diri siswa, diantaranya adalah melalui pemberian atau memasukkan cerita-cerita pendek ke dalam buku tematik tersebut. Cerita-cerita pendek tersebut tercantum dalam buku tematik terpadu khususnya pada pada level kelas tinggi yaitu pada jenjang kelas IV, V dan VI. Penelitian ini adalah ingin menggali, mengetahui tentang nilai-nilai yang terdapat atau terkandung dalam isi cerita atau bacaan tersebut. Adapun nilai-nilai yang peneliti maksud adalah nilai-nilai religi dan nilai-nilai sosial serta relevansinya cerita-cerita pendek tersebut dengan tema pembelajarannya. Pada pembelajaran tematik ini pemerintah sengaja untuk memasukkan nilai-nilai karakter atau moral baik itu nilai-nilai religi atau nilai-nilai moralnya. Sebagaimana yang tercantum dalam delapan belas karakter yang terdapat dalam kurukulum 2013. Menurut Kementrian Pendidikan Nasional delapan belas karakter tersebut, diantaranya adalah religious, ,Jujur, toleransi,disiplin,kerja keras, kreatif,mandiri, demokratis, Rasa ingin,tahu, Semangat kebangsaan, cinta tanah air, ,menghargai prestasi,,bersahabat/Komunikatif, cinta damai,gemar membaca. peduli lingkungan, peduli sosial,dan.tanggung jawab Ditinjau dari jenis penelitian, maka penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian pustaka (library research). Nilai-nilai religius dalam cerita pendek pada buku tematik terpadu kelas IV,V,VJ dapat disimpulkan yaitu berdoa atau beribadah kepada Tuhan, bersyukur, bersabar, dan ikhlas dalam membantu sesama.Adapun nilai-nilai sosialnya adalah yaitu kerja keras, disiplin, kreatif, bersahabat atau komunikatif, cinta tanah air, semangat kebangsaan,
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Sumber Belajar Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Rofiuddin Muhammad | ||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2019 03:44 | ||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2019 03:44 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35512 |
Actions (login required)
View Item |