Implementasi metode Amtsilati dalam menerjemahkan Alquran, studi kasus di Yayasan Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahardika, Lathifah Inten (2019) Implementasi metode Amtsilati dalam menerjemahkan Alquran, studi kasus di Yayasan Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lathifah Inten Mahardika_D01214008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul Implementasi Metode Amtsilati dalam Menerjemahkan Alquran Studi Kasus di Yayasan Pesantren Darul Falah, Bangsri-Jepara. Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode Amtsilati dalam menerjemahkan Alquran di Yayasan Darul Falah Bangsri-Jepara? (2) Bagaimana kemampuan santri Darul Falah dalam menerjemahkan Alquran dengan menggunakan metode Amtsilati? (3) Apa saja hambatan dalam mengimpelementasikan metode Amtsilati sebagai metode terjemah Alquran di Yayasan Darul Falah Bangsri-Jepara? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tempatnya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode Amtsilati telah terimplementasikan sebagai metode menerjemahkan Alquran melalui latihan memberi makna, hafalan tafsir Al-Mubarok dan memberi makna kata per kata pada kelas praktek (2) Kemampuan santri dalam menerjemahkan Alquran menggunakan metode Amtsilati dilihat dari ujian akhir Amtsilati. Nilai rata-rata hafalan makna adalah 87.5, sedangkan nilai rata-rata praktek pemaknaan kata per kata 74.96 (3) Metode Amtsilati adalah metode pemula dalam menerjemahkan Alquran masih perlu meningkatkan kemampuan santri, tambahan perangkat pendukung, mengurangi hafalan wajib sehingga bisa fokus dalam menerjemahkan Alquran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahardika, Lathifah Intenfafavoice09@gmail.comD01214008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorZuhri, Achmad MuhibinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahardika Lathifah Inten
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:57
Last Modified: 28 Aug 2019 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35523

Actions (login required)

View Item View Item