Problematika penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Fiqih: studi multi kasus di SMA Al In'am Gapura Sumenep dan MA Nasy'atul Muta'allimin 1 Gapura Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imran, Imran (1992) Problematika penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Fiqih: studi multi kasus di SMA Al In'am Gapura Sumenep dan MA Nasy'atul Muta'allimin 1 Gapura Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imran_F02317078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Istilah problem atau problematika berasal dari bahasa Inggris yaitu “problematic” yang artinya persoalan atau permasalahan. Permasalahan dapat diartikan sebagai penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang benar-benar terjadi, antara teori dengan praktek, antara teori atau cara dan pelaksanaan, antara rencana dengan pelaksana. Dengan menggunakan penelitian kualitatif, peneliti ingin melihat dan memahami seperti apa problem dan upaya dalam penerapan kurikulum 2013 pada materi fiqih di SMA Al-in’am Banjar Timur Kec. Gapura Kab. Sumenep dan MA Nasy’atul Muta’allimin 1 Kec. Gapura Kab. Sumenep. Baik dari segi upaya, respon siswa dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat program tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa lembaga tersebut mengalami permasalahan yang cukup komplit berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran, yaitu: (1) guru kurang profesional, dalam artian masih banyak guru yang mengajar bukan pada bidang yang ditekuninya, mestinya guru fiqih tidak menjadi guru kelas dengan mengampu semua mata pelajaran. (2) guru kesulitan memberikan pemahaman secara terpadu terhadap anak didik, karena kemampuan siswa masih bisa dibilang parsial atau dangkal dengan minimnya pengalaman belajar yang mayuritas berasal dari pedesaan, yang tentunya juga hal ini sangat berbeda dengan siswa yang sekolah diperkotaan dengan memiliki banyak pengalaman belajar. Sehingga pembelajaran tematik itu sangat mendukung pada kelangsungan belajarnya. (3) guru fiqih merasa kesulitan mengkonversi mata pelajaran, terutama ketika dalam buku pandungan guru itu tidak menyebutkan muatan pelajarannya, (4) guru merasa kesulitan membuat soal dengan keterpaduan mapel, (5) kurangnya tersedianya sarana belajar yang memadai. Problematika pendidikan dalam penerapan kurikulum 2013 di SMA Al-in’m Gapura Sumenep dan MA Nasy’atul Muta’allimin 1 Gapura Sumenep Sumenep adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan permasalahan yang dialami guru adalah kekurang pengertian guru senior masalah teknologi dalam mengoprasikannya dan IT dan kurang meratanya sosialisasi atau pelatihan penerapan kurikulum 2013 oleh pemerintah kepada guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imran, ImranImranibnfarid1992@gmail.comF02317078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, A. Z.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imran Imran
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:34
Last Modified: 28 Aug 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35546

Actions (login required)

View Item View Item