Asmaul Husna dalam perspektif mufasir klasik Bi Al Ma'tsur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabawiyyah, Nabawiyyah (2010) Asmaul Husna dalam perspektif mufasir klasik Bi Al Ma'tsur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabawiyyah_E33206003.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35590

Abstract

Studi ini berkaitan dengan penafsiran mufasir klasik tentang Asmaul Husna, mufasir klasik yang dimaksud disini adalah al-Thabari, al-Baghawi, dan lbn Athiyah. Ketiga mufasir ini sangat terkenal di zamannya, mereka adalah tiga diantara bcberapa mufasir klasik yang menggunakan ma’tsur (riwayat) dalam menafsirkan AI-Qur'an. Pokok permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah nama-nama Allah (Asmaul Husna), dalam Al-Qur' an terdapat ayat yang menjelaskan bahwa Allah mempunyai nama-nama yang indah, oleh karena itu, skripsi ini mencoba untuk meneliti tentang ayat-ayat Asmaul Husna dengan menggunakan penafsiran mufasir klasik bi al-Ma'tsur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran mufasir klasik tentang ayat-ayat Asmaul Husna dan untuk mengetahui perbedaan nama-nama Allah dengan sifat-sifat Allah menurut mufasir klasik. Metode yang digunakail adalah metode tahlili, karena dengan metode ini ayat-ayat Al-Qur'an ditafsirkan dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat Asmaul Husna serta diterangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya, sehingga penafsiran ayat-ayat Asmaul Hrisna lebih detail. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Allah mempunyai nama-nama yang indah, yang mana seseorang dianjurkan untuk memohon kepada-Nya dengan nama-nama tersebut, karena hanya Allah yang memiliki nama-nama yang indah, dan menyebut nama-nama Allah yang indah tersebut berarti mengagungkan Allah, hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat-ayat Asmaul Husna. Dengan demikian dapat diketahui bahwa melalui ayat-ayat Asmaul Husna Allah menjelaskan bahwa Allah mempunyai nama-nama yang indah yang disebut dengan Asmaul Husna, oleh karena itu disarankan kepada umat Islam untuk memohon kepada Allah dengan nama-nama tersebut sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat-ayat Asmaul Husna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabawiyyah, Nabawiyyahdigilib@uinsby.ac.idE33206003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmad ChoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:10
Last Modified: 03 Sep 2019 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item View Item