Analisis Maslahah Mursalah terhadap jual beli keripik bekicot di Ngagel Rejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhif, Achmad (2019) Analisis Maslahah Mursalah terhadap jual beli keripik bekicot di Ngagel Rejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Achmad Nadhif_C02212002.edit.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Maṣlaḥah Mursalah Terhadap Jual Beli Kripik Bekicot di Ngagel Rejo Surabaya” untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana praktik jual beli keripik bekicot di Ngagel Rejo Surabaya dan bagaimana Analisis maṣlaḥah mursalah terhadap jual beli keripik bekicot di Ngagel Rejo Surabaya. Data penelitian dihimpun melalui observasi dan wawancara kepada penjual dan pembeli keripik bekicot di Ngagel Rejo Surabaya, selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, praktik jual beli keripik bekicot yang terjadi di Ngagel Rejo Surabaya dilakukan sebagaimana jual beli pada umumnya, dimana penjual melayani pembeli sesuai dengan permintaan pembeli, dimulai dari datangnya pembeli, pelayanan penjual, kemudian pembayaran dari pembeli sesuai harga yang disepakati dalam hal ini daging bekicot diolah menjadi keripik dan dikemas sehingga kesan menjijikkan hilang dan berganti kekaguman karena rasa enak keripik tersebut: kedua, praktik jual beli keripik bekicot di atas, sebenarnya dilarang karena termasuk jual beli hasharat (jual beli benda menjijikkan) akan tetapi, karena sifat menjijikkannya telah hilang dan manfaatnya juga banyak, maka jual beli tersebut dibolehkan berdasarkan mas}lah}ah mursalah, dalam pelaksanaannya boleh dan sah karena banyaknya manfaat dari bekicot tersebut maka itu menjadi kemaslahatan bagi penjual dan pihak konsumen, selama pihak konsumen tidak jijik terhadap keripik bekicot tersebut. Sejalan dengan kesimpulan di atas, bagi penjual makanan bekicot sebaiknya sebelum membuka usaha memperhatikan terlebih dahulu bagaimana hukum makanan yang akan dijualnya halal atau haram serta bagi pembeli diharapkan dapat lebih jeli dalam memilih produk makanan dan lebih teliti tentang kehalalan dan keharamannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhif, AchmadNadhifsadega@gmail.comC02212002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com197601212007101001
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: maslahah mursalah; jual beli; keripik bekicot.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadhif Achmad
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:48
Last Modified: 04 Sep 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35593

Actions (login required)

View Item View Item