Mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan pada akad Muḍārabah : studi di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pemekasan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insani, Talentitya Ryzabella (2019) Mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan pada akad Muḍārabah : studi di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pemekasan). Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Talentitya Ryzabella Insani - F02417148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Mitigasi Risiko Pembiayaan Modal Usaha Tanpa Agunan Pada Akad Muḍārabah (Studi di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pamekasan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mitigasi risiko dan mengevaluasi mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan pada akad muḍārabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus.Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan pada akad muḍārabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen risiko yang diterapkan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu identifikasi risiko, mengukur risiko, monitoring risiko, pengendalian risiko dan penyelamatan risiko. Dalam mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan pada akad muḍārabah yaitu memverifikasi data nasabah, menganalisis pembiayaan, melakukan pengawasan arus kas, memonitoring usaha, dan mengcover pembiayaan dengan asuransi. Evaluasi dari mitigasi risiko pembiayaan modal usaha tanpa agunan di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Pusat Pamekasan menganalisis pembiayaan hanya menerapkan prinsip 4C+1S yaitu character, capacity, capital, condition dan syariah. Mitigasi risiko secara teori ada beberapa hal yang belum diterapkan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri yaitu model pemeringkatan untuk pembiayaan perseorangan, agunan, manajemen portofolio, dan manajemen pemulihan. Namun kenyataanya, selama 3 tahun proses pembiayaan modal usaha tanpa agunan dapat berjalan dengan sehat dan ketika terjadi risiko pihak bank masih mampu mengendalikan atau menyelamatkan risiko.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insani, Talentitya Ryzabellainsani@roketmail.comF02417148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiati, Mugiatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Manajemen risiko; mitigasi risiko; pembiayaan tanpa agunan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Insani Talentitya Ryzabella
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:49
Last Modified: 05 Sep 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35599

Actions (login required)

View Item View Item