PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO - VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA KELAS V DI MI SABILIL KHOIR GLAGAHARUM PORONG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muntholib, Abdul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO - VISUAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA KELAS V DI MI SABILIL KHOIR GLAGAHARUM PORONG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Media Audio Visual adalah penggabungan antara visual dan suara yang memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya. Salah satu pekerjaan penting itu adalah menyiapkan, rancangan dan penelitian terlebih dulu sebelum menggunakan media ini. Media yang akan digunakan guru dengan maksud mengajak siswa - siswi untuk belajar secara langsung tentang konsep dan fakta materi pelajaran sehingga dapat diaktualisasikan dalam kenyataankehidupan sehari – hari. Penelitian ini berlangsung di MI Sabilil Khoir Glagaharum Porong Kabupaten Sidoarjo dengan obyek penelitian siswa kelas V. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio - Visual Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Sabilil Khoir Glagaharum Porong Sidoarjo
Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa – siswi serta aktifitas guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan hasil belajar itu dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada pra siklus 17,85% meningkat pada skilus I menjadi 57,85% dan pada siklus II naik menjadi 82.14%. Aktifitas siswa dalam menyerap pelajaran pada siklus I 76,19% siklus II 95,23%.Sedangkan peningkatan penyampaian materi dari siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 86,66%. Hal ini menunjukkan dengan penggunaan media Audio – Visual dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia sub pokok bahasan Memerankan Tokoh Drama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni'matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muntholib, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Media Audio Visual; Bahasa Indonesia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:17
Last Modified: 19 Jan 2016 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item