Konstruksi manhaj Bayani al Samarra’i: studi atas metode tafsir Linguistik Kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmadi, Ahmadi (2019) Konstruksi manhaj Bayani al Samarra’i: studi atas metode tafsir Linguistik Kontemporer. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmadi_F02517159.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengkaji manhaj bayani yang dikonstruk oleh al-Samarra’i dan diaplikasikan dalam karyanya ‘Ala Tariq Al-Tafsir Al-Bayani. Adapun yang dimaksud dengan manhaj bayani adalah sebuah metode tafsir sastra yang digunakan al-Samarra’i ketika menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dalam kitab tafsirnya. Oleh sebab itu, penulis akan membahas tentang “Konstruksi Manhaj Bayani Al-Samarra’i: Studi Atas Metode Tafsir Linguistik Kontemporer. Penulis dalam penelitian tesis ini fokus membahas tentang bagaimana manhaj bayani perspektif al-Samarra’i dalam kitab ‘Ala Tariq Al-Tafsir Al-Bayani dan bagaimana aplikasi manhaj bayani al-Samarra’i dalam kitab ‘Ala Tariq Al-Tafsir Al-Bayani. Penelitian dalam tesis ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif-analitis untuk mengunkap manhaj bayani yang digunakan al-Samarra’i ketika menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dalam tesis ini ialah dengan menelaah naskah kepustakaan dan dokumentasi yang terkait. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, yaitu, pertama, Manhaj bayani perspektif al-Samarra’i adalah penafsiran yang berupaya untuk menjelaskan rahasia-rahasia susunan kata/kalimat dalam ungkapan (al-Ta’bir) al-Qur’an dari sisi artistik/sastra, juga pada pemilihan suatu kata/redaksi tertentu dalam al-Qur’an. Kedua, al-Samarra’i mengaplikasikan manhaj bayani dalam kitab ‘Ala T}ariq al-Tafsir al-Bayani-nya dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memurnikan pemahaman teks al-Qur’an. Yaitu dengan menampakkan ruh bahasa dan sastra, serta mengenali setiap lafal, perubahan dan penggunaannya dalam uslub al-Qur’an

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmadi, Ahmadiahmad.ahmadi68yahoo.comF02517159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmadi Ahmadi
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:45
Last Modified: 10 Sep 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35612

Actions (login required)

View Item View Item