Motivasi belajar mahasiswa yang aktif dalam Organisasi Pecinta Alam MAPALSA Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Pramudya Nugraha (2019) Motivasi belajar mahasiswa yang aktif dalam Organisasi Pecinta Alam MAPALSA Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pramudya Nugraha Putra_B07212070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas mahasiswa yang baik dapat dilihat melalui sikap positif antara lain kecerdasan menghadapi kesulitan yang tinggi, motivasi belajar yang baik dan tidak melakukan penundaan kelulusan dalam akademik. Akan tetapi, sikap ini tentu tidak mudah dimiliki oleh seorang mahasiswa jika dalam pelaksanaan pemenuhan tuntutan belajarnya mahasiswa juga terlibat aktif dalam suatu organisasi kemahasiswaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa yang aktif dalam organisasi pecinta alam MAPALSA UIN Sunan Ampel Surabaya. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang mahasiswa, dua orang perempuan dan dua orang laki-laki yang aktif dalam organisasi pecinta alam MAPALSA UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Penelitian kualitatif dipilih karena fenomena yang diamati memerlukan pengamatan secara terbuka, lebih dekat dengan realita, kedekatan emosional antar peneliti dan responden sehingga didapatkan data yang lebih mendalam, dan bukan sekedar angka saja. Hasil dari penelitian ini yaitu keempat subyek yang menjadi mahasiswa aktivis dalam organisasi pecinta alam MAPALSA mempunyai motivasi belajar yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Pramudya Nugrahaparampampram@gmail.comB07212070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, NailatinUNSPECIFIED197406122007102006
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Putra Pramudya Nugraha
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:54
Last Modified: 12 Sep 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35628

Actions (login required)

View Item View Item