Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap pandangan masyarakat Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dalam pemilihan jodoh berdasarkan hitungan Weton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrurrozi, Fahrurrozi (2019) Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap pandangan masyarakat Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dalam pemilihan jodoh berdasarkan hitungan Weton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahrurrozi_C01212073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maṣlaḥah Mursalah Terhadap Pandangan Masyarakat Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Dalam Pemilihan Jodoh Berdasarkan Hitungan Weton.” Adapun pokok masalahnya dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Praktek hitungan weton sebagai syarat pemilihan jodoh di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?, Apa alasan masyarakat menjadikan weton sebagai syarat pemilihan jodoh di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?, Bagaimana analisis maṣlaḥah mursalah terhadap pemilihan jodoh berdasarkan hitungan weton? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana datanya diperoleh melalui wawancara dan observasi yang terkait tentang pemilihan jodoh berdasarkan hitungan weton di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Setelah data terkumpul lalu dianalisis menggunakan deskriptif data secara induktif untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pemilihan jodoh berdasarkan hitungan weton di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktik weton di desa Duri kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo ini sebagian besar masih menggunakan weton seperti yang dilakukan leluhurnya. Perhitungan weton tersebut merupakan sebuah kepercayaan yang erat dengan kebiasaan turun temurun yang telah dianut oleh masyarakat setempat. Selain itu juga telah dipercayai secara turun temurun serasa sudah mendarah daging dalam jiwa dan hati dan akan sulit untuk menghilangan sebuah kepercayaan. Menurut hukum Islam weton ini tidak bertentangan dengan syariat, bahkan, perhitungan weton mendatangkan maslahat untuk masyarakat, karena weton sesuai dengan metode maṣlaḥah mursalah walaupun tidak ada dalam Alquran dan hadis. Saran penulis untuk masyarakat Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo untuk lebih peka terhadap problem yang ada lingkungan sekitar kita dan berusaha memberikan solusi yang terbaik. Terlebih di era sekarang problem yang dihadapi masyarakat semakin kompleks. Perlu dilakukan kajian khusus dalam menghadapi problem kontemporer yang berkaitan dengan hukum Islam. Karena dalam pernikahan khususnya tentang tradisi penghitungan weton, masyarakat cukup beragam dalam mengemukakan pendapatnya. Jika dibiarkan akidahnya dapat melemah dan mengurangi keyakinannya kepada kekuasaan Allah yang maha mengetahui segala sesuatu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrurrozi, Fahrurroziozilojes@gmail.comC01212073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorGhufron, MuhammadUNSPECIFIED197602242001121003
Subjects: Nikah > Meminang
Keywords: Maṣlaḥah Mursalah; pemilihan jodoh; hitungan Weton
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fahrurrozi Fahrurrozi
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:11
Last Modified: 10 Sep 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35632

Actions (login required)

View Item View Item