Hubungan antara Moral Reasoning dengan Academic Dishonesty pada Mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Sartika (2019) Hubungan antara Moral Reasoning dengan Academic Dishonesty pada Mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sartika Dewi_J71215080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selama ini Indonesia dicitrakan sebagai negara yang bermoral tinggi. Beberapa tahun terakhir, terlihat penurunan nilai moral pada bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah besar penyimpangan yang terjadi dalam proses Pendidikan (academic dishonesty). Berbagai macam pelanggaran yang menarik hingga saat ini diantaranya adalah cheating, plagiarism, outside help, prior cheating dan falsification serta berbohong terkait akademik. Berawal dari paparan diatas, penelitian kali ini dilakukan untuk mengetahui bentuk hubungan moral reasoning (penalaran moral) yang ada pada diri individu, khususnya mahasiswa terhadap academic dishonesty (ketidakjujuran akademik) yang tidak sesuai dengan berbagai nilai sosial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu moral reasoning sebagai variabel bebas dan academic dishonesty sebagai variabel tergantung. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018/2019 sebanyak 108 mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi antara moral reasoning dengan academic dishonesty sebesar -216 dengan signifikansi dibawah 0.05 yaitu 0.02. Dari hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan ada hubungan antara moral reasoning dengan academic dishonesty pada mahasiswa Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018/2019. Bentuk hubungan kedua variabel adalah negatif, yaitu semakin tinggi academic dishonesty maka semakin rendah moral reasoning dan begitu pula sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Sartikatikaberkah@gmail.comJ71215080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, NailatinUNSPECIFIED197406122007102006
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Remaja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 16 Sep 2019 04:23
Last Modified: 16 Sep 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35635

Actions (login required)

View Item View Item