Analisis hukum pidana Islam terhadap hak Warga Binaan Pemasyarakaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIB Jombang: menurut PP Nomor 28 Tahun 2006 tentang syarat dan tatacara pelaksanaan hak Warga Binaan Pemasyarakatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Deo Aditya (2019) Analisis hukum pidana Islam terhadap hak Warga Binaan Pemasyarakaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIB Jombang: menurut PP Nomor 28 Tahun 2006 tentang syarat dan tatacara pelaksanaan hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deo Aditya Nugraha_C73214024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan tentang yang berjudul “Analisis Hukum pidana Islam Terhadap Peran Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIB Jombang Dalam Pembinaan Narapidana Anak Dibawah Umur (PP Nomor 28 tahun 2006 Tentang Syarat dan Tatacara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan Anak”. Untuk menjawab rumusan masalah Bagaimana peran lembaga pemasyarakatan anak kelas IIB Jombang terhadap hak warga binaan pemasyarakatan (menurut PP nomor 28 tahun 2006) ? Dan Bagaimana analisis hukum pidana Islam terhadap peran lembaga pemasyarakatan anak kelas IIB Jombang terhadap hak warga binaan pemasyarakatan (menurut PP nomor 28 tahun 2006) ? Penelitian yang dilaksanakan ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teknik penggumpulan data, diantaranya dokumentasi, wawancara, observasi. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Peran lembaga pemasyarakatan anak kelas IIB Jombang sudah sesuai amanat Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2006 tentang syarat dan tata cara elaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan, dari segi fasilitas maupun pelaksanaan setiap hari di lembaga tersebut. Akan tetapi ada salah satu hak – hak anak yang belum terpenuhi menurut salah satu pemaparan penghuni lembaga pemasyarakatan tersebut. 2). Analisis hukum pidana Islam terhadap peran lembaga pemasyarakatan anak kelas IIB Jombang ini masuk dalam jarimah takzir yang hukuman atau pidananya ditentukan oleh khalifah atau hakim. Jadi sangat sesuai dengan apa yang ada di lembaga pemasyarakatan anak kelas IIB Jombang tersebut.Sejalan dengan kesimpulan diatas, analisis data yang dilakukan, maka peneliti menemukan beberapa hal penting yang harus jadi perhatian bagi kalanganyang terkait Dalam penanganan problematika-problematika di negara ini seharusnya pihak birokrasi negara lebih teliti dan lebih jeli lagi dalam membuat Undang-Undang maupun dalam penerapannya, agar antara aturan dan penerapan tidak terjadi ketimpangan dalam eksekusinya. Apalagi permasalahan yang menyangkut generasi bangsa ini apakah itu pencabulan, narkoba, tawuran, ataupun tindak pidana yang lainya. Pihak – pihak instansi terkait juga harus teliti dan serius dalam menangani permasalahan- permasalahan seperti ini, agar dikemudian hari tidak ada lagi perkara yang sama dan pelakunya jera tidak melakukannya kembali karena sikap tegas dari instansi terkait. Bergotong-royong dan bekerjasamalah agar terwujud cita-cita bangsa negara ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Deo Adityadeoadityan@gmail.comC73214024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.Hatta_marina@yahoo.com197110262007011012
Subjects: Pendidikan Narapidana
Keywords: Pemasyarakaan; Lembaga Pemasyarakatan Anak; hak Warga Binaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nugraha Deo Aditya
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:54
Last Modified: 11 Sep 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35638

Actions (login required)

View Item View Item