Mafhumu qiraati al tsamaniyah ‘inda Abi al Hasan Thahir bin Abd al Mun’im

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudzakir, Achmad (2011) Mafhumu qiraati al tsamaniyah ‘inda Abi al Hasan Thahir bin Abd al Mun’im. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Mudzakir_E53207014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Imam atau guru qiraat sangat banyak jumlahnya, namun yang populer hanya tujuh orang, yang mana qiraat tujuh imam ini adalah qiraat yang telah disepakati oleh ulama. Akan tetapi disamping itu para ulama memilih pula tiga orang qiraat yang dipandang qiraatnya shohih dan mutawatir pula. Mereka adalah Abu Ja’far Yazin bin Qa’qa al-Madani, Ya’qub bin Ishak al-Hadrami dan Khalaf bin Hisyam. Dan semua imam qiraat di atas dikenal dengan qiraat sepuluh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui qiraat yang shahih menurut Abi al-Hasan Tahir bin Abd al-Mun’im karena dia mengatakan dari kesepuluh imam qiraat di atas tidak semuanya termasuk dalam katagori qiraat shahih sebagaimana yang telah di ajarkan Rasulullah SAW serta imam-imamnya. Penelitian ini bersifat kualitatif berbasis penelitian kepustakaan (library research) berupa pembacaan dan kajian teks (text reading) dan analisis isi (content analysis) melalui analytic description, empirical generalization, comparative method, serta penyimpulan deduktif-induktif. Dari data yang ditemukan menunjukkan bahwa qiraat yang shahih menurut Abu al-Hasan Tahir bin Abd al-Mun’im sama dengan qiraat tujuh serta satu imam dari qiraat sepuluh. Dan yang tidak shahih adalah imam qiraat dari sanad yang berbeda. Dari penelitian ini saya mengambil kesimpulan bahwa qiraat yang shahih menurut Abi al-Hasan Tahir bin Abd al-Mun’im adalah qiraat yang sesuai dengan syarat-syarat keshahihan qiraat yang telah diajarkan Rasulullah dan terus digunakan sampai zaman sekarang. Dan Semua imam dan qiraat menurut Abu al-Hasan Tahir bin Abd al-Mun’im termasuk dalam kategori qiraat shahih yang telah di ajarkan oleh Rasulullah dan imam-imamnya adalah Nafi’ al-Madani, Ibn Kasir al-Makki, Abu Amr al-Basri, Abdullah bin Amir al-Syami, ‘Ashim al-Kufi, Hamzah al-Kufi, Al-Kisai al-Kufi dan Ya’qub al-Bashri. Kata kunci: Abu al-Hasan Thahir bin abd al-Mun’im, qiraat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudzakir, Achmadmundzak_grt@yahoo.comE53207014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRowi, Roemdigilib@uinsby.ac.id194710031977011001
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mudzakir Achmad
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:24
Last Modified: 25 Sep 2019 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35701

Actions (login required)

View Item View Item