Model pembelajaran membaca al Quran untuk usia dewasa: studi multi kasus di Griya Al Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudzakir, Achmad (2016) Model pembelajaran membaca al Quran untuk usia dewasa: studi multi kasus di Griya Al Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Mudzakir_F03212021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jika selama ini mayoritas lembaga yang bergerak dalam pembelajaran Al-Quran lebih banyak terdapat di lingkungan masjid dan pondok pesantren, Griya Al-Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung mempunyai fokus untuk menggarap wilayah perkotaan. Hal ini juga untuk menumbuhkan kesan bahwa belajar Al-Quran dapat dikemas dengan metode terstruktur, dan yang tidak kalah penting dikelola dengan manajemen yang profesional. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di Griya Al-Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung, karena kedua lembaga ini merupakan lembaga pendidikan Islam yang konsep pembelajarannya mempunyai kelebihan perpaduan antara sekolah formal dengan kursus.
Penelitian ini lebih fokus pada 1. Bagaimana model pembelajaran membaca al-Quran untuk usia dewasa di Griya Al-Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung. 2. Perbandingan pelaksanaan model pembelajaran membaca al-Quran untuk usia dewasa di Griya Al-Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung. 3.Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran al-Quran untuk usia dewasa di Griya Al-Quran Surabaya dan LKP TAR-Q Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pembelajaran membaca al-Quran di lembaga Griya Al-Quran Surabaya. Model pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Dan metode yang dipakai adalah Klasikal Baca Simak (KBS), Klasikal-individual dan talaqqi, dengan buku panduan metode yang dibuat oleh para pengajar Griya al-Quran dan metode Tar-Q. Dan sistem reguler serta privat. Faktor pendukung: Guru/ pengajar hafal al-Quran dan memiliki sanad bersambung kepada Rasulullah, Banyak pilihan waktu belajar, Kurikulum terstruktur, Materi dan metode pembelajaran yang mudah dipahami, Managemen yang professional. Faktor penghambat: Kurang seriusnya siswa dalam pembelajaran, Pengajar baru yang belum standar dalam pengajaran metode Griya Al-Quran, Perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam membaca al-Quran karena faktor usia. LKP TAR-Q Bandung: Faktor pendukung: Metode yang tersusun rapi dan terstrutur, Guru yang berpengalaman dan mempunyai sanad yang bersambung kepada Rasulullah, Managemen yang professional. Faktor penghambat: Kurang seriusnya siswa dalam pembelajaran, Masih ada siswa yang tidak membawa perangkat pembelajaran ke kelas, Masih kurangnya pengajar, Banyak pengajar yang bentrok.
Kata kunci: model pembelajaran, al-Quran, usia dewasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudzakir, Achmadmundzak_grt@yahoo.comF03212021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Yunusdigilib@uinsby.ac.id196503151998031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model pembelajaran; membaca al Quran; usia dewasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mudzakir Achmad
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:29
Last Modified: 25 Sep 2019 09:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35702

Actions (login required)

View Item View Item