Migrasi dan Filantropi Islam: studi kontribusi ekonomi orang Boyan bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di pulau Bawean Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidz, Abdul (2019) Migrasi dan Filantropi Islam: studi kontribusi ekonomi orang Boyan bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di pulau Bawean Gresik Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Hafidz_F53416001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Studi ini menfokuskan kajiannya pada masalah migrasi masyarakat Bawean ke Malaysia dan Singapura, serta pengiriman filantropi dari Orang Boyan ke Pulau Bawean. Disertasi ini menegaskan bahwa migrasi masyarakat Bawean ke Malaysia dan Singapura menjadi salah satu solusi untuk membangun Pulau Bawean yang terletak jauh dari daratan Pulau Jawa dengan kondisi ekonomi yang lemah. Tiga pertanyaan yang dijawab dalam disertasi ini, yaitu; pertama: Bagaimana mode of production Orang Boyan di Malaysia dan Singapura?. Kedua: Bagaimana kontribusi ekonomi Orang Boyan di Malaysia dan Singapura bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik?. Ketiga: Bagaimana dampak distribusi filantropi dari Orang Boyan bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik? Penelitian dalam disertasi ini adalah penelitian kualitatif analitik deskriptif. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, disertasi ini menggunakan teori pertukaran dan modernisasi sosiologi pembangunan dalam mengeksplorasi proses migrasi masyarakat Bawean ke Malaysia dan Singapura, mulai dari proses migrasi, mode of production, pengiriman dana filantropi, serta dampak filantropi bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di Bawean. Kesimpulannya adalah sebagai berikut; pertama, mayoritas Orang Boyan di Malaysia bekerja di sektor informal, seperti konstruksi, domestik, dan pengusaha kecil-kecilan. Orang Boyan di Singapura yang sudah menjadi warganegara Singapura, pekerjaan mereka sama dengan penduduk Singapura lainnya. Sedangkan Orang Boyan yang masih menjadi warga negara Indonesia mayoritas bekerja di sektor pelayaran. Kedua, Orang Boyan di Malaysia dan Singapura telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lembaga keagamaan di Bawean dalam bentuk pengiriman dana filantropi ke Bawean yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur masyarakat umum, seperti pembangunan jalan raya, penyaluran air bersih, dan pengadaan mesin pembangkit listrik. Selain itu, dana filantropi dimanfaatkan untuk pembangunan sarana ibadah, seperti masjid dan mushalla, pembangunan infrastruktur lembaga pendidikan seperti gedung madrasah dan pondok pesantren, pembangunan infrastruktur organisasi keagamaan seperti gedung Nahdlatul Ulama dan gedung Muslimat. Ketiga, distribusi filantropi dari Orang Boyan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan, peningkatan ekonomi Bawean, peningkatan kualitas pendidikan di Bawean, dan kelancaran kegiatan keagamaan di Bawean.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidz, Abduleltayyar.dz@gmail.comF53416001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, ShonhajiUNSPECIFIED2028074901
Thesis advisorMufrodi, AliUNSPECIFIED2017065201
Subjects: Sosiologi Islam
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Hafidz Abdul
Date Deposited: 25 Sep 2019 08:51
Last Modified: 25 Sep 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35709

Actions (login required)

View Item View Item