الضوابط الشرعية في عقود المرابحة الإسلامية ودورها في تحسين المستوى الاقتصادي للأسر الليبية: دراسة وصفية تحليلية في مصرف الجمهورية – ليبيا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hashluf, Ezdeen Zeli Ali (2019) الضوابط الشرعية في عقود المرابحة الإسلامية ودورها في تحسين المستوى الاقتصادي للأسر الليبية: دراسة وصفية تحليلية في مصرف الجمهورية – ليبيا. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ezdeen Zeli Ali Hashluf_F04314061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji objek penerapan aturan hukum Islam (Syariah) dan Urf di lembaga perbankan di Libya, khususnya di bidang murabahah di Bank Republik Libya, dan mengetahui kontribusi jual beli dengan akad murabahahdalam menangani dan memperbaiki kondisi ekonomi dan sosial keluarga Libya yang telah memperoleh manfaat dari akad tersebut sebelumnya, dan juga mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam murabahahserta mencari solusi untuk mengatasinya. Oleh karena itu, rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana bentuk akad murabahahIslam di Bank Republik Libya?, bagaimana penerapan aturan adil menurut hukum Islam maupun urf di Bank Republik Libya?, apa peran aturan adil baik menurut hukum Islam maupun urf dalam memperbaiki ekonomi keluarga yang telah memamperoleh manfaat dari akad murabahah Islam di Bank Republik Libya (dilihat dari sudut pandang keluarga yang telah memanfaatkan akad tersebut)?, dan Apa tantangan dan kendala yang dihadapi oleh Bank Republik Libya dalam melaksanakan akad murabahah serta bagaimana mengatasinya? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bank Republik Libya menggunakan dua bentuk murabahah; yaitu murabahah lokal atau internal dan murabahah impor, (2) Bank mengikuti hukum Islam dan urf beserta aturan-aturannya, dan memperhatikan tujuan dari keduanya, (3) akad murabahahberkontribusi dalam penyediaan layanan kepada warga, meningkatkan pendapatan keluarga Libya, khususnya melalui akad tawarruq dantaqshit muyassar (kredit lunak) dalam pembelian, (4) Bank menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan akadmurabahah, diantaranya adalah pemahaman yang kurang dari warga terhadap akad tersebut, kendala pemasaran, dan kondisi ekonomi negara yang sulit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hashluf, Ezdeen Zeli Aliezdeen1973e@gmail.comF04314061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, BurhanUNSPECIFIED2021125501
Thesis advisorMawardi, Ahmad ImamUNSPECIFIED2020087002
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hashluf Ezdeen Zeli Ali
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:58
Last Modified: 26 Sep 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35718

Actions (login required)

View Item View Item