Manajemen keuangan dalam kebijakan pendidikan gratis di Pondok Pesantren Kalimasada Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yogi, Yusuf Fatkul (2019) Manajemen keuangan dalam kebijakan pendidikan gratis di Pondok Pesantren Kalimasada Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusuf Fatkul Yogi_D93215058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Keuangan dalam Kebijakan Pendidikan Gratis di Pondok Pensantren Kalimasada Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai impelemntasi Manajemen Keuangan dalam Kebijakan Pendidikan Gratis di Pondok Pensantren Kalimasada Jombang, Tujuan Manajemen Keuangan dalam Kebijakan Pendidikan Gratis di Pondok Pensantren Kalimasada Jombang, Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Keuangan dalam Kebijakan Pendidikan Gratis di Pondok Pensantren Kalimasada Jombang, dan Solusi dari Hambatan Manajemen Keuangan dalam Kebijakan Pendidikan Gratis di Pondok Pensantren Kalimasada Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Peneliti melakukan pendalaman terhadap berbagai fenomena yang ada di lapangan dan menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Peneliti menggunkan model Miles dan Huberman dalam melakukan analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa pengelolaan keuangan atau manajemen keuangan dijalankan sepenuhnya oleh pengasuh pondok pesantren dibantu dengan istrinya. Adapun kebijakan gratis yang dibuat oleh KH, Fahrudin Siswopranoto berjalan dengan lancar karena dari penghasilan yang lebih dari cukup itu di alokasi kan untuk membiayai santri tanpa dipungut biaya sedikitpun sehingga sampai saat ini implementasi kebijakan gratis berjalan dengan lancar. Tujuan dari membuat kebijakan gratis adalah untuk membantu memberikan wadah belajar kepada golongan masyarakat yang kukrang mampu, dan yang terpenting yaitu untuk men sodaqoh kan kelebihan dari penghasilan pengasuh Pondok Pensantren Kalimasada. Faktor pendukung dalam melaksanakan manajemen keuangan yaitu dukungan dari keluarga besar pondok pesantren. Sedangkan untuk faktor penghambat yakni untuk masalah manajemen keuangan adalah ketika uang habis, dikarenakan keperluan yang melenceng dari rencana, sehingga mengakibatkan adanya suatu hambatan dalam menggunakan keuangan untuk keseharianya. Solusi dari hambatan manajemen keuangan hasil penelitian adalah dengan menggadaikan surat-surat BPKB kendaraan untuk menutupi kekurangan keuangan dan diberlakukanya koperasi santri untuk perputaran keuangan Pondok Pensantren Kalimasada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yogi, Yusuf Fatkulyusuf.fatkul@gmail.comD93215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, TaufiqUNSPECIFIED195506041983031015
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIED198002102011012005
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yogi Yusuf Fatkul
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:17
Last Modified: 07 Oct 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35751

Actions (login required)

View Item View Item