Manajemen Sarana dan Prasarana dalam proses pembelajaran di SMP Sunan Giri Menganti GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Rika (2019) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam proses pembelajaran di SMP Sunan Giri Menganti GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Arianti_D03215029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul judul tentang Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Proses Pembelajaran di SMP Sunan Giri Menganti Gresik. Hal tersebut dilatar belakangi oleh adanya sarana dan prasarana sekolah yang dijalankan di SMP Sunan Giri Menganti Gresik. Program tersebut adalah salah satu bagian dari standar nasional pendidikan yang merupakan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang ada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di SMP Sunan Giri Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah perencanaan sarana dan prasarana dan Waka sarana dan prasarana sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini ialah sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Adapun data penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan sarana dan prasarana di SMP Sunan Giri dianggap baik karena mendapat respon baik dari wali murid dan masyarakat. Hal itu dikarenakan keunggulan prestasi peserta didik dan perlengkapan sarana prasarana yang memadai (2) Kelengkapan sarana dan prasarana di SMP Sunan Giri sangat baik. Waka sarana dan prasarana membantu dalam hal tenaga maupun pikiran. Program yang dimiliki oleh Waka sarana dan prasarana di SMP Sunan Giri yaitu mengiventarisir, mengevaluasi serta mengontrol untuk melakukan perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidkan. (3) Pemanfaatan sarana dan prasarana di SMP Sunan Giri dilakukan dengan cara selalu mengevaluasi kebutuhan sarana dan prasarana dan komunikasi yang baik kepada seluruh komponen yang berkaitan dengan suatu satuan pendidikan; merancang program-program sekolah berbasis religi; turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh pihak kabupaten, pihak desa, dll; mengadakan sarana dan prasarana yang memadai; mengadakan study tour atau belajar di luar sekolah; menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam proses pembelajaran; dan melakukan promosi atau publikasi. Semua usaha tersebut tidak luput dari peran komite sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Rikarikaarianti687@gmail.comD03215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIED196804101995032002
Thesis advisorMustofa, AliUNSPECIFIED197612252005011008
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Proses pembelajaran; Sarana dan Prasarana
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arianti Rika
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:11
Last Modified: 03 Oct 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35767

Actions (login required)

View Item View Item