Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam meningkatkan pelayanan publik: studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdulloh, Abdulloh (2019) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam meningkatkan pelayanan publik: studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdulloh_D03215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

SIM Pendidikan merupakan aspek yang paling penting dalam dunia pendidikan di-era sekarang, karena sistem informasi manajemen pendidikan merupakan faktor pendukung kemajuan lembaga pendidikan formal dan informal. Oleh sebab itu, dalam upaya implementasi sistem informasi manajemen pendidikan tidak bisa dilepaskan dengan adanya kinerja pegawai itu sendiri. Peningkatan pelayanan publik menjadikan lembaga pendidikan berkualitas dalam proses pelayanan terhadap warga madrasah, karena menjadi salah satu faktor terpenting dari mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mendeskripsikan implementasi sistem informasi manajemen pendidikan di MTsN 3 Kota Surabaya. 2. Untuk mendeskripsikan peningkatan pelayanan publik di MTsN 3 Kota Surabaya. 3. Untuk mendeskripsikan implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan pelayanan publik di MTsN 3 Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai Reduksi Data (Data Reaction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi (Conclusion Drawing and verification). Maka penelitian ini mendapatkan hasil berdasarkan paparan data, dan temuan serta analisis pembahasan, berdasarkan hasil penelitian ini dapat deskripsikan sebagai berikut: sistem informasi manajemen pendidikan sudah ada dan diterapkan, dibuktikan dengan adanya aplikasi website MTsN 3 Kota Surabaya, dan simpatika, juga data emis dan aplikasi raport digital mahasiswa, meskipun tidak semuanya aspek menggunakan aplikasi, akan tetapi pihak madrasah memberikan pelatihan-pelatihan kepada pegawai dan guru di MTsN 3 Kota Surabaya. Dalam peningkatan pelayanan publik madrasah sudah melakukan pelayanan terhadap siswa, guru, dan juga wali murid. Untuk siswa sendiri diberikan pelayanan terkait kebutuhan belajar, dan untuk guru dibekali dengan pelatihan-pelatihan dan diklat, terkait program disosialisasikan pada siswa, guru dan wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdulloh, Abdullohabdullohd92@gmail.comD03215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, SamsulUNSPECIFIED1964040719980310033
Thesis advisorHuda, Muhammad NurilUNSPECIFIED198006272008011006
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Sistem Informansi Manajemen; Pelayanan Publik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdulloh Abdulloh
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:39
Last Modified: 03 Oct 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35770

Actions (login required)

View Item View Item