Pemikiran Tasawuf KH. Saleh Darat Al-Samarani: Maha Guru Para Ulama Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'ud, Ali (2018) Pemikiran Tasawuf KH. Saleh Darat Al-Samarani: Maha Guru Para Ulama Nusantara. Pustaka Idea. ISBN 978-602-6678-00-3

[img] Text
Ali Mas'ud_Pemikiran Tasawuf KH. Saleh Darat Maha Guru Para Ulama Nusantara.pdf

Download (2MB)

Abstract

KH Saleh Darat merupakan salah satu Ulama yang memiliki kontribusi luar biasa dalam mendakwahkan Islam di Nusantara. Beliau biasa berdakwah dengan menuangkan ide pikiran dalam berbagai karya. Pilihan bahasa lokal dalam penulisan karya, bahasa Jawa dengan tulisan Arab "pegon" menjadikan sosok beliau sebagai Ulama yang menarik. Penggunaan bahasa Jawa ini untuk memudahkan masyarakat dalam membaca dan memahami ajaran. Penulisan menggunakan Arab "pegon" adalah strategi Kyai Saleh Darat untuk mengelabuhi penjajah agar tidak dicurigai dan aman untuk dibaca. KH. Saleh Darat cukup dikenal di era abad 19 berkat kontribusi dalam bidang dakwah. Meski memang tidak memiliki nama setenar para muridnya, seperti Saikh Mahfudz Termas Pacitan, KH. Hasyim Asy'ari, KH. Ahmad Dahlan, Kiai Idris, dan RA. Kartini, yang telah beliau bimbing di pesantren. Sebagian besar karya beliau berkenaan tentang sufi. Sufistik diyakini memiliki kontribusi besar bagi perkembangan Islam Nusantara. Beberapa karya KH. Saleh Darat dalam bidang tasawuf adalah Minhaj al Atqiya' fi Sharh Ma'rifat al Adzkiya' ila Thariq al Awliya', Kitab Munjiyat Metik Saking Ihya' Ulum al Din al Ghazali, dan Matan al Hikam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'ud, Alilimas_kholqillah@yahoo.com196301231993031002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorMas'ud, Alilimas_kholqillah@yahoo.com196301231993031002
Subjects: Tasawuf
Ulama
Keywords: Tasawuf; Saleh Darat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18784 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:33
Last Modified: 03 Oct 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35778

Actions (login required)

View Item View Item