Proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmanto, Ardian (2019) Proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardian Rachmanto_D04215003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berpikir kritis sebagaimana yang dinyatakan dalam permendikbud No.23 tahun 2006 menjadi fokus pembelajaran dan menjadi salah satu standar kelulusan siswa SMP dan SMA. Namun kenyataannya, proses pembelajaran matematika disekolah belum sepenuhnya melatih berpikir kritis siswa. Siswa masih terbiasa menggunakan penyelesaian masalah yang sama seperti apa yang telah diberikan oleh gurunya sehingga pola pikir siswa hanya terpaku pada satu penyelesaian saja tanpa mencoba, menganalisis, dan menemukan cara yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah kelas VIII-D SMP Negeri 4 Sidoarjo. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes berpikir kritis (TBK), dan wawancara berbasis tugas. Sedangkan instrumen yang digunakan peneliti adalah hasil penilaian akhir semester (PAS) siswa semester 1, lembar tes berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 1) Proses berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis dapat memenuhi setiap tahapan dari kerangka kerja tersebut yaitu klarifikasi dasar, pendukung dasar, inferensi, klarifikasi lanjut, serta strategi dan cara-cara. 2) Proses berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis dapat memenuhi indikator pada tahap inferensi dan tidak dapat memenuhi indikator pada tahap klarifikasi dasar, pendukung dasar, klarifikasi lanjut serta strategi dan cara-cara, 3) Proses berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kerangka kerja Norris dan Ennis tidak dapat memenuhi semua tahapan berpikir kritis pada kerangka kerja Norris dan Ennis dalam pemecahan masalah pola bilangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmanto, Ardiandidi.dyaiko@gmail.comD04215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991103102
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rachmanto Ardian
Date Deposited: 03 Oct 2019 09:14
Last Modified: 03 Oct 2019 09:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35805

Actions (login required)

View Item View Item