Penggunaan Pictorial Riddle untuk meningkatkan motivasi dan koneksi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Kiki Febrianti (2019) Penggunaan Pictorial Riddle untuk meningkatkan motivasi dan koneksi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Febrianti Santoso_D74215093.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi adalah sebuah dorongan dalam diri seseorang baik secara sadar atau pun tidak sadar yang memiliki enam indikator. Sedangkan koneksi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengaitkan topik matematika dengan topik matematika lain, mengaitkan topik matematika dengan ilmu lain dan mengaitkan topik matematika dengan kehidupan sehari-hari. Setiap siswa memiliki motivasi dan koneksi matematis yang berbeda-beda, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena pembelajaran yang dilkukan oleh guru di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pictorial riddle dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi dan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 4 siswa SMP Negeri 55 Surabaya, dimana 1 siswa memiliki motivasi tinggi dan koneksi sedang, 1 siswa memiliki motivasi tinggi dan koneksi rendah, 1 siswa memiliki motivasi sedang dan koneksi rendah, serta 1 siswa memiliki motivasi rendah dan koneksi rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu analisis hasil angket berdasarkan indikator motivasi, analisis hasil tes dan wawancara berdasarkan indikator koneksi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: dampak pictorial riddle dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi siswa yaitu adanya peningkatan motivasi siswa setelah penggunaan pictorial riddle yang ditandai dengan terpenuhinya semua indikator motivasi. Sedangkan dampak pictorial riddle dalam pembelajaran matematika terhadap koneksi matematis siswa yaitu adanya peningkatan koneksi matematis siswa setelah penggunaan pictorial riddle yang ditandai dengan terpenuhinya semua indikator koneksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Kiki Febriantikikifebrianti110@gmail.comD74215093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED197206071997031001
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Santoso Kiki Febrianti
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:46
Last Modified: 07 Oct 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item