Pengembangan media berbasis Android pada pembelajaran Matematika Realistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mila, Liza Ainul (2019) Pengembangan media berbasis Android pada pembelajaran Matematika Realistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liza Ainul Mila_D74215095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk menyampaikan konsep matematika secara lebih nyata dengan menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari atau sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa. Pendekatan ini dapat dikombinasikan dengan teknologi yang akrab dikalangan pelajar seperti Smartphone dengan OS Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis Android pada Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Media ini dikembangkan mengacu pada 6 tahapan model Sugiyono yaitu tahap potensi dan masalah, tahap mengumpulkan informasi, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap perbaikan desain, dan tahap uji coba produk terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMPN 4 Surabaya dengan subjek uji coba sebanyak 16 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara acak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar catatan lapangan, lembar validasi, lembar tes, dan lembar angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Tahap awal pengembangan media dilakukan dengan mencari literatur terkait potensi dan masalah. Selanjutnya yaitu tahap pengumpulan data yang dibutuhkan untuk pengembangan media. Tahap selanjutnya yaitu pembuatan desain media yang dilanjutkan dengan tahap validasi dari para ahli untuk memperoleh penilaian dan saran yang dijadikan sebagai acuan pada tahap perbaikan produk. Tahap akhir yaitu uji coba produk melalui proses pembelajaran dengan berbantuan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dinyatakan valid dengan persentase nilai rata-rata sebesar 87,00%. Media dinyatakan praktis secara teori dengan kategori B dan praktis secara praktik dengan persentase rata-rata respon siswa sebesar 85,20%. Media dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mila, Liza Ainullizaainulmila@gmail.comD74215095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mila Liza Ainul
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:50
Last Modified: 07 Oct 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35825

Actions (login required)

View Item View Item