Pengembangan modul pembelajaran Matematika berbasis Probing-Prompting untuk melatihkan berpikir kritis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmah, Fiskiatur (2019) Pengembangan modul pembelajaran Matematika berbasis Probing-Prompting untuk melatihkan berpikir kritis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiskiatur Rokhmah_D74215043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Untuk melatihkan berpikir kritis salah satunya dapat dengan cara mengembangkan sumber belajar yakni mengembangkan modul matematika. Modul dirancang secara sistematis yang bertujuan agar siswa dapat menggunakan secara mandiri. Sedangkan probing-prompting merupakan pembelajaran dalam kelas dengan cara guru menyajikan pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali. Namun, peneliti menjadikan model probing-prompting untuk diterapkan dalam modul yang bertujuan agar siswa mampu belajar mandiri dengan tahap-tahap yang terdapat pada probing-prompting. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul; (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan modul; (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan modul; (4) Untuk mendeskripsikan respon siswa setelah penerapan modul; (5) Untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa setelah penerapan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Modul pembelajaran matematika berbasis probing-prompting untuk melatihkan berpikir kritis ini, dapat diketahui kualitasnya dengan cara menggunakan data hasil angket yang diisi oleh validator dan beberapa siswa serta peningkatan hasil pada tes akhir. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Al-Ahmad Krian. Hasil pengembangan modul berbasis probing-prompting untuk melatihkan berpikir kritis ini masuk kategori “sangat valid” dengan nilai rata-rata total validitas (RTV) sebesar 4,02 dari tiga validator, masuk kategori “praktis” dengan rata-rata nilai “B” dapat digunakan dengan beberapa yang perlu di revisi, mendapat respon “positif” dari siswa dengan rata-rata 86,8% dan mampu melatihkan berpikir kritis dilihat persentase siswa sebesar 93% yang mengalami peningkatan skor pada tes akhir.
Kata kunci: Modul, probing-prompting, berpikir kritis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmah, Fiskiaturfiskiatur1997@gmail.comD74215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Thesis advisorArrifadah, YuniUNSPECIFIED197306052007012048
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rokhmah Fiskiatur
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:36
Last Modified: 08 Oct 2019 05:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35854

Actions (login required)

View Item View Item