Compliments and its responses in daily conversation conversation of Fadlillah Islamic Boarding School Students

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Nabila Dina (2019) Compliments and its responses in daily conversation conversation of Fadlillah Islamic Boarding School Students. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Dina Hanifah_A73215062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pujian dan respon pujian adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, karena sangat berhubungan satu sama laina. Dalam kehidupan social tindakan memuji sangatlah penting untuk menciptakan hubungan baik dengan orang yang di puji. Biasanya pujian diekspresikan ketika seseorang melihat atau menemui sesuatu yang menarik hatinya seperti kepemilikan, skill, character and so on. Ketika seseorang di puji, maka ia akan merespon pujian tersebut untuk menghargai seseorang yang memuji. Maka dari itu penulis meneliti tentang pujian dan respon pujian yang di lakukan oleh murid perempuan di fadlillah Islamic boarding school. dalam hal ini ada tiga masalah yang diangkat oleh penulis, yaitu: (1) To know the kinds of compliments in Fadlillah Islamic Boarding School students. (2) To know the function of compliments done by Fadlillah Islamic Boarding School students. (3) To know the hearer’s responses to compliments expression in Fadlillah Islamic Boarding School students. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif dimana data yang ada di jabarkan menggunakan teori yang sesuai dan dengan interpretasi peneliti. Peneliti menggunakan conversation sebagai data penelitian yang mana di ambil dari murid perempuan di fadlillah islamc boarding school yang berjumlah 330 murid. Peneliti menggunkan Wolfson theory untuk menganalisis pujian dan fungsinya. Sedangkan untuk respon pujiannnya peneliti menggunakan teori Herbert. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa ada 4 jenis pujian yang di gunakan yang sesuai dengan teori wolfson yaitu personal appearance, possession appearance, general ability dan specific ability. Dari 8 macam fungsi yang ada peneliti menemukan 6 jenis fungsi pujian yaitu to express admiration, to strange solidarity, to increase good relationship, to give an evaluation, to express other form of speech act, and to refine criticism. Furthermore, respon pujian yang di dapatkan ber macam macam, menurut teori Herbert ada 12 macam respon, namun peneliti menemukan 9 macam respon yang mana paling banyak di dominasi oleh respon appresciation. secara verbal appreciation di ungkapkan dengan ucapan terimakasih, sedangkan non verbal respon dengan sekedar tersenyum atau menganggukkan kepala. Untuk jenis yang lainnya yaitu comment history, praise upgrade, scale down, disagreement, comment acceptance, no acknowledgment, resignment, and retrun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Nabila Dinanabiladina97@gmail.comA73215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Raudlotulraudlotuljannah@uinsby.ac.id197810062005012004
Subjects: Linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Hanifah Nabila Dina
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:06
Last Modified: 08 Oct 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35855

Actions (login required)

View Item View Item