Sociolect; social class language factors in Sampang and Bangkalan at Madurese island

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaliyah, Shofiyatul (2019) Sociolect; social class language factors in Sampang and Bangkalan at Madurese island. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyatul Awaliyah_A03215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini meneliti dialek dalam faktor bahasa kelas sosial di Sampang dan Bangkalan di pulau Madura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dialek yang digunakan oleh masyarakat di Sampang dan Bangkalan dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan dialek sosial tersebut di kedua wilayah tersebut. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, di mana mungkin berguna untuk menggambarkan faktor-faktor dialek sosial berdasarkan kelas sosial di Pulau Sampang dan Bangkalan. Data penelitian ini berupa ujaran yang meliputi kata, tata bahasa, dan kalimat sehingga pendekatan kualitatif sangat tepat. Peneliti terutama menggunakan teori Wardaugh (2006) untuk menganalisis jenis-jenis dialek sosial yang ditemukan di kedua bidang dan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi variasi bahasa terjadi. Sebagai hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan 5 jenis dialek sosial di pulau Madura. Kemudian peneliti menjelaskan banyak jenis menjadi banyak kalimat dan membuat contoh berdasarkan jenis dialek sosial yang terjadi di Sampang dan Bangkalan. Selanjutnya, faktor yang mempengaruhi dialek sosial ada 4 yaitu tentang kasta atau status sosial, usia, latar belakang budaya, dan tempat tinggal. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi semua data dengan skala atau tingkat yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaliyah, Shofiyatulshofi.awaliyah21@gmail.comA03215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Raudlotulraudlotuljannah@uinsby.ac.id197810062005012004
Subjects: Linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Awaliyah Shofiyatul
Date Deposited: 08 Oct 2019 00:57
Last Modified: 08 Oct 2019 00:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item