Analisis balancing integritas dan kompetensi karyawan dalam konteks Manajemen Syari’ah: studi kasus pada Dapur M’Riah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahid, Abdulloh (2018) Analisis balancing integritas dan kompetensi karyawan dalam konteks Manajemen Syari’ah: studi kasus pada Dapur M’Riah Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdulloh Ahid_F14214151.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dikursus sumber daya manusia dalam kajian kontemporer telah mengalami lompatan yang signifikan, dimana perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka. Kemudian muncul istilah Human Capital (lebih luas daripada Human Resource) dalam sebuah perusahaan yang prospeknya sebagai investasi lebih mengemuka. Integritas dan kompetensi adalah dua komponen SDM yang paling krusial. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk profesionalisme dan kredibilitas pelaku ekonomi serta mengetahui track record perusahaan dalam memaksimalkan sumber daya manusia yang sesuai dengan ideologi keislaman, ditujukan kepada Dapur M’Riah, tentang konsep managing karyawan yang diterapkan olehnya.Melalui pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini merumuskan tiga masalah yang selaras dengan judul, yaitu: bentuk integritas, keunggulan kompetensi karyawan, dan cara menyeimbangkan integritas dan kompetensi tersebut. Dapur M’Riah merupakan unit usaha dari C.V. Rijan (usaha pesantren mandiri) dengan 47 outlet diseluruh Indonesia belakangan ini banyak menjadi sorotan publik khususnya kawasan Mojokerto dan Sidoarjo dengan brand santri entrepreneur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dapur M’Riah menjadikan pesantren sebagai miniatur Negara dengan mengedukasi karyawan melalui program yang terstruktur sebagai bentuk implementasi manajemen balancing integritas dan kompetensi sehingga saat purna diharapkan menjadi kader wirausahawan mandiri yang mampu berbisnis dengan orientasi ibadah sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahid, Abdullohalhanaubaid@gmail.comF14214151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, FahrurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahid Abdulloh
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:52
Last Modified: 08 Oct 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35859

Actions (login required)

View Item View Item