Factors influencing student’s motivation in reading English text at school literacy program of “Saturday Reading” in SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Ursullah (2019) Factors influencing student’s motivation in reading English text at school literacy program of “Saturday Reading” in SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ursullah Ambarwati_D75215114.pdf

Download (2MB)

Abstract

SMPN 5 Sidoarjo telah menerapkan program gerakan literasi sekolah sejak tahun 2014, yang disebut dengan program Sabtu Baca. Setiap hari Sabtu murid-murid harus membaca teks bahasa Inggris sebelum pelajaran dimulai. Penelitian deskriptif kualitatif ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam membaca teks bahasa Inggris di program literasi sekolah yaitu Sabtu Baca di SMPN 5 Sidoarjo. Data yang digunakan adalah dari hasil kuisioner tentang motivasi siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris di program Sabtu Baca. Hasil penelitian ini adalah terdapat sebelas faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam membaca Bahasa Inggris. Peneliti menunjukkan terdapat lima faktor yang paling mempengaruhi yaitu keingintahuan membaca (87,5%), membaca untuk nilai (81,3%), pentingnya membaca (81,2%), pemenuhan untuk membaca (78,1%), dan pengakuan (71.8%). Siswa merasa lebih termotivasi ketika membaca topik baru khususnya yang berhubungan dengan hobi mereka. Selain itu, siswa melihat bahwa nilai adalah sebuah ukuran untuk melihat kemampuan mereka dalam membaca bahasa Inggris dan menjadi pembaca yang baik dalam Bahasa Inggris adalah motivasi siswa dalam membaca. Faktor motivasi lainnya adalah siswa perlu membaca untuk menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan hadiah atau pujian ketika mereka membaca Bahasa Inggris. Semua faktor dari hasil penelitian ini sesuai penelitian sebelumnya yakni keingintahuan membaca, pengakuan, dan pentingnya membaca adalah faktor yang paling mempengaruhi dalam membaca Bahasa Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Ursullahursullahambar4@gmail.comD75215114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSafriyani, Rizkarizkasafriyani244@gmail.com198409142009122005
Thesis advisorSalik, Mohammadsalik_mohamad@yahoo.com196712121990094031002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ambarwati Ursullah
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:40
Last Modified: 08 Oct 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35861

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item