Implementasi pengelolaan BOS-BOPDA untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di SMP Khadijah A. Yani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofar, M. (2013) Implementasi pengelolaan BOS-BOPDA untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di SMP Khadijah A. Yani Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ghofar_F05409218.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang Penge-lolaan BOS-BOPDA untuk meningkatkan mutu dan akses pendidikan di SMP Khadijah Surabaya. Fokus penelitian tertuju kepada tiga hal, yaitu : (1) Pengelolaan BOS-BOPDA di sekolah berdasarkan azas-azas keuangan Negara; (2) BOS-BOPDA di sekolah dalam meningkatkan akses pendidikan yang mencakupi (a) pembebasan biaya pendidikan bagi siswa dari keluarga miskin (b) program subsidi silang dalam pembiayaan sekolah (3) BOS-BOPDA di sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah yang mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Orientasi yang digunakan adalah pendekatan manajemen sekolah dan manajemen keuangan negara. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam, (2) obsrvasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut disusun, ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang, baik dalam satu situs maupun multi situs guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, diskusi teman sejawat. Sedangkan dependebilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh pembimbing sebagai dependent auditor . Temuan penelitian secara keseluruhan adalah sebagai berikut: Pertama, SMP Khadijah mampu melakukan pengelolaan BOS-BOPDA berdasarkan azas-azas keuangan negara dan menjalankan prinsip-prinsip manajemen keuangan. Fungsi perencanaan; dan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan BOS-BOPDA. Ke dua, melalui pengelolaan dana BOS-BOPDA, SMP Khadijah Surabaya mampu meningkatkan akses pendidikan melalui program subsidi silang. Tingkat efetivitas pengelolaan BOS-BOPDA untuk meningkat akses pendidikan di SMP Khadijah Surabaya. Ke tiga, melalui pengelolaan BOS-BOPDA SMP Khadijah Surabaya mampu meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu kepada delapan komponen standar nasional pendidikan. Tingkat efetivitas pengelolaan BOS-BOPDA untuk meningkat mutu pendidikan di SMP Khadijah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofar, M.ghofar17@gmail.comF05409218
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhofar, Masghofar17@gmail.comF05409218
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Pengelolaan BOS-BOPDA; akses pendidikan; mutu pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghofar M.
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:42
Last Modified: 08 Oct 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35866

Actions (login required)

View Item View Item