Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya dalam memilih produk tabungan lembaga keuangan syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Riski (2019) Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya dalam memilih produk tabungan lembaga keuangan syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Utama_G04214030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Faktor Emosional Dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Nasabah Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Dalam Memilih Produk Tabungan di Lembaga Keuangan Syariah” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara Faktor Emosional terhadap Keputusan Nasabah Mahasiswa serta untuk mengetahui variabel bebas manakah yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Produk Tabungan Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel yang dapat diolah sebanyak 100 responden di UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk menganalisis penulis menggunakan suatu alat analisis yakni SPSS Ver. 24.0. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Untuk uji T diperoleh nilai sebesar 6,392 (Faktor Emosional X1) dan 7,054 (Kohesivitas X2), hal ini berarti secara parsial masing-masing variabel terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam Memilih Produk Tabungan Lembaga Keuangan Syariah. Kemudian untuk uji F sebesar 163,580 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hal ini mengartikan secara bersama-sama variabel bebas Emosional dan Rasional terbukti berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat yakni Keputusan Nasabah Mahasiswa. Nilai R square sebesar 0,771 yang mengartikan bahwa pengaruh kedua variabel bebas sebanyak 77,1% sedangkan sisanya yakni sebesar 22,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Pada hasil uji regresi linear berganda pada tabel coeficient faktor emosional (X1) memperoleh nilai koefisien sebesar 0,427 sedangkan pada faktor rasional (X2) memperoleh nilai sebesar 0,405 maka dari hasil tersebut terbukti bahwa faktor emosional lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah mahasiswa dibandingkan dengan faktor rasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Riskiriski.utama@outlook.comG04214030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id198209052015031002
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Utama Riski
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:34
Last Modified: 09 Oct 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35876

Actions (login required)

View Item View Item