Tinjauan budaya haul K.H. Moh. Sholih Tsani pada masyarakat Islam Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umri, Ulal (2009) Tinjauan budaya haul K.H. Moh. Sholih Tsani pada masyarakat Islam Bungah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulal Umri_A02304023.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35883

Abstract

Masalah yang dibahas dalam skripsi yang berjudul (Tinjauan Budaya haul K.H. Moh. Sholih Tsani pada Masyarakat Islam Bungah-Gresik) ini adalah bagaimana proses berlangasungnya peringatan haul tersebut, dan apa yang melatar belakangi diadakannya Peringatan haul K.H. Moh. Sholih Tsani, Mengapa haul tersebut dirayakan atau diperingati oleh masyarakat Bungah Gresik, Bagaimana masyarakat memberi makna pada budaya haul tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, peneliti menggunakan pendekatan Antropologi budaya, dan bentuk penelitian deskriptif-kualitatif untuk memberikan pandangan ritual masyarakat Jawa khususnya pada masyarakat di Desa Bungah Gresik yang terus berkembang seiring perkembangan zaman, sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa buku atau kitab yang berkenaan dengan upacara tradsisional masyarakat Islam di Jawa "tradisi orang-rang NU", dan penelitian lapangan yang menggunakan pengamatan serta wawancara. Dalam Peringatan haul yang dilakukan oleh masyarakat Bungah, dapat disimpulkan bahwa peringatan haul atau peringatan kewafatan seseorang yang mempunyai jasa besar terhadap masyarakat. Jadi haul merupakan peninggalan budaya lama, yaitu tentang peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan kewafatan seseorang "haul" juga mempunyai dasar yang dijadikan sumber rujukan oleh mayoritas umat Muslim yaitu, Al-Qur'an dan Al-Hadits. Ini dikarenakan bentuk atau isi dari kandungan peri ngatan haul tersebut banyak mengandung tendensi nilai-nilai keislaman yang sifatnya sangat positif bagi kelangsungan hidup seseorang yang juga berhubungan dengan tuhan pencipta alam beserta isinya, secara khusus memang bertujuan untuk mendoakan beliau yang sudah meninggal, secara umum haul merupakan media pengi ngat akan keniscayaan hidup di dunia yang tidak kekal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umri, UlalUNSPECIFIEDA02304023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com195509041985031001
Subjects: Budaya Islam
Keywords: Budaya Isalm; haul; K.H. Moh. Sholih Tsani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:53
Last Modified: 09 Oct 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35883

Actions (login required)

View Item View Item