Analisis sektor basis ekonomi terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya Tahun 2013-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Kharisma Bintang Eka (2019) Analisis sektor basis ekonomi terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya Tahun 2013-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Bintang Eka Putra_G01215005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sektor Basis Ekonomi Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi di Kota Surabaya Tahun 2013-2016” penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sektor potensial yang ada di Kota Surabaya dan bagaimana peran pemerintah Kota Surabaya meningkatkan sektor potensial yang memiliki daya saing untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder berasal dari data PDRB Provinsi dan Kota. Metode yang digunakan dalam menentukan sektor unggulan di Kota Surabaya adalah Location Quotient (LQ), analisis Shift Share untuk mengidentifikasi tingkat pertumbuhan ekonomi. Hasil dari analisis Location Qoutient (LQ) rata-rata pada tahun 2013-2016 dapat diketahui bahwa yang tergolong sektor basis di Kota Surabaya adalah (1) Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, (2) Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, (3) Sektor Konstruksi (4) Sektor Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor (5) Sektor Transportasi dan Pergudangan (6) Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, (7) Sektor Informasi dan Komunikasi, (8) Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi, (9) Sektor Reaal Estat, (10) Sektor Jasa Perusahaan, (11) Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial. Sektor tersebut mempunyai peran yang besar terhadap PDRB. Sektor tersebut sangat berarti bagi Pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya. Peneliti menyarankan pemerintah Kota Surabaya untuk memprioritaskan pengembangan sektor yang menjadi basis serta memiliki pertumbuhan dan daya saing yang tinggi guna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Kharisma Bintang Ekarosi_bintang21@yahoo.comG01215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby CandraUNSPECIFIED201603311
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Putra Kharisma Bintang Eka
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:41
Last Modified: 10 Oct 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35895

Actions (login required)

View Item View Item